Tenaga Medis Covid-19 di Sumsel yang Tidak Tercover APBN Dapat Insentif

Tenaga Medis Covid-19 di Sumsel yang Tidak Tercover APBN Dapat Insentif
PERISTIWA | 29 Mei 2020 14:58 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memberikan insentif bagi tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 yang tidak tercover APBN atau dari Kementerian Kesehatan. Besaran nilainya juga disamakan dengan kebijakan pemerintah pusat.

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nurainy mengungkapkan, kebijakan tersebut berasal dari perintah Gubernur Sumsel Herman Deru yang memanfaatkan alokasi APBD sesuai instruksi pemerintah pusat. Dokter spesialis akan menerima Rp15 juta, dokter umum Rp10 juta, perawat Rp7,5 juta, dan tenaga medis lainnya Rp5 juta.

"Kami sudah putuskan untuk memberikan insentif bagi tenaga kesehatan yang menangani Covid-19, nominalnya sama dengan APBN," ungkap Lesty, Jumat (29/5).

Hanya saja, insentif dari APBD Sumsel itu hanya untuk tenaga medis yang tidak tercover APBN. Semisal petugas medis di rumah sehat, RSUD Siti Fatimah yang berstatus milik Pemprov Sumsel, atau dokter radiologi, dokter laboratorium, cssd, satpam dan driver ambulance.

"Semuanya diberikan insentif kecuali sudah dapat dari Kemenkes," ujarnya.

Dikatakannya, insentif tersebut sebagai bentuk penghargaan dari pemerintah kepada tenaga kesehatan yang berada di garda terdepan dalam menangani kasus Covid-19. Setidaknya bantuan ini sebagai penyemangat mereka bekerja dan mengurangi beban ekonomi keluarga yang ditinggalkan selama bertugas.

"Kami support tenaga medis selagi kami bisa, kami upayakan kesejahteraan mereka agar lebih maksimal lagi dalam bekerja," pungkasnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Masjid Al-Munawar Jaksel Gelar Salat Jumat, Ada Jemaah Datang dari Thamrin
Bank Mandiri Restrukturisasi Kredit 292.000 Nasabah, Terbesar Dari UMKM
Hadapi Corona, Kementan Beri Bantuan Modal ke Petani Selama 3 Bulan
Utamakan Kesehatan Masyarakat, Pemprov Bali Belum Berniat Buka Kembali Lokasi Wisata
Masjid Kauman Semarang Kembali Gelar Salat Jumat di Tengah Pandemi
Anies Baswedan Minta ASN DKI Jangan Lemah, Lunglai & Lembek Lawan Corona

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5