Tenaga Medis di Papua yang Tangani Covid-19 Disediakan Hotel untuk Istirahat

Tenaga Medis di Papua yang Tangani Covid-19 Disediakan Hotel untuk Istirahat
PERISTIWA | 12 April 2020 09:27 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Papua menyediakan hotel bagi tenaga medis yang menangani pasien positif COVID-19 di rumah sakit-rumah sakit di Kota Jayapura sejak Jumat (10/4), kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Papua Silwanus Sumule.

"Tenaga kesehatan yang menggunakan fasilitas hotel itu baru dari satu rumah sakit, yakni RS Bhayangkara," katanya di Jayapura, Minggu (12/4).

"Sekarang ini Hotel Horison Kotaraja yang baru diminta dan sudah digunakan oleh tenaga kesehatan dari RS Bhayangkara. Kalau rumah sakit lain meminta penginapan maka kami akan siapkan hotel. Hotel yang diminta tergantung pada permintaan dari pihak rumah sakit," ia menambahkan.

Silwanus mengatakan pemerintah provinsi siap menyediakan fasilitas penginapan bagi petugas kesehatan yang terlibat dalam penanganan pasien COVID-19.

Ia menjelaskan pula bahwa pemerintah provinsi sepenuhnya menanggung biaya perawatan dan pengobatan pasien COVID-19.

"Misalnya mereka menggunakan Kartu Jaminan BPJS Kesehatan, tetapi jika BPJS Kesehatan itu ada yang kurang-kurang, pasti kita akan tutupi," katanya.

Ia menambahkan, pemerintah provinsi juga menanggung biaya pemulasaraan jenazah pasien yang terinfeksi virus corona.

Silwanus mengatakan, pemerintah provinsi bersinergi dengan pemerintah kabupaten/kota dalam menjalankan upaya pencegahan dan penanggulangan COVID-19.

Menurut data Kementerian Kesehatan, hingga 10 April 2020 jumlah pasien positif COVID-19 di wilayah Provinsi Papua secara kumulatif sebanyak 38 orang, dua orang meninggal dunia dan tiga pasien menurut hasil dua kali pemeriksaan spesimen sudah tidak terinfeksi virus corona. (mdk/ded)

Baca juga:
Cegah Corona, Komunitas Meditasi di Jogja Bagikan Ramuan Herbal
Kisah Pilu Perawat dan Bayinya Berusia 6 Bulan Positif Corona di Jayapura
Dampak Virus Corona, Industri Makanan Kesulitan Bahan Baku & Harga Mahal
Bakamla juga Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Desa Pesisir
Pandemi Corona, AS Catat Kematian Tertinggi di Seluruh Dunia
Risma Pilih Berkantor di Posko Penanganan Covid-19 untuk Permudah Koordinasi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami