Terapkan Protokol Kesehatan, Masjid Al Markaz Al Islami Makassar Gelar Salat Jumat

Terapkan Protokol Kesehatan, Masjid Al Markaz Al Islami Makassar Gelar Salat Jumat
PERISTIWA » MAKASSAR | 4 Juni 2020 15:45 Reporter : Salviah Ika Padmasari

Merdeka.com - Masjid Al Markaz Al Islami, di Jalan Masjid Raya, salah satu ikon religi di Kota Makassar akhirnya dibuka untuk melaksanakan Salat Jumat (5/6) besok. Salat Jumat ini perdana dilakukan di Masjid Al Markaz setelah 12 Jumat berlalu tanpa Salat Jumat berjamaah karena ditutup untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

Kabar ini dibenarkan salah seorang pengurus Masjid Al Markaz Al Islami, Nadjamuddin Madjid yang dikonfirmasi, Kamis, (4/6).

"InsyaAllah kita sudah Salat Jumat besok. Ini saya baru pulang dari rapat di Al Markaz. Ini setelah 12 Jumat tidak Salat. InsyaAllah diterapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Nadjamuddin Madjid.

Dijelaskannya, jamaah yang tidak mengenakan masker dilarang masuk masjid. Yang tidak kenakan masker, bisa Salat di halaman tetapi tetap harus berjarak minimal 2 meter.

Disiapkan hand sanitizer, semua tempat wudhu, imbuhnya, disiapkan sabun untuk cuci tangan. Demikian juga di dekat keran-keran air yang ada di halaman masjid. Juga dilakukan penyemprotan disinfektan dibantu PMI Makassar yang dilakukan sore ini. Adapun bilik disinfektan, masih sementara diupayakan.

"Antar jamaah di dalam masjid diberi jarak minimal satu meter. Kapasitas dalam masjid ini 3.000 orang. Jika jarak demikian berarti jamaah nantinya hanya 40 persen dari kapasitas masjid," ujarnya. (mdk/gil)

Baca juga:
MUI Tak Setuju Usulan Salat Jumat Bergelombang, Ini Penjelasannya
JK Tinjau Kesiapan Masjid Agung Al-Azhar Gelar Kembali Salat Jumat
MUI DKI Terbitkan Fatwa Salat Jumat di Masa Pandemi Covid-19 Boleh 2 Gelombang
Ketua DMI Bertemu Jokowi Bahas Pelaksanaan Salat Jumat Jelang New Normal
Sesuai Fatwa MUI DKI, Dewan Masjid Indonesia Anjurkan Salat Jumat Dua Shift
MUI: Tidak Dibenarkan Dalam Agama Salat Jumat Dua Gelombang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami