Terapkan Sistem Digitalisasi, Kemendikbud Minta Sekolah Swasta Menyesuaikan

PERISTIWA | 4 Oktober 2019 22:31 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menerapkan digitalisasi pada sekolah-sekolah negeri. Standar sekolah-sekolah negeri akan dinaikkan, sehingga akan menjadi tantangan bagi swasta. Agar tak ketinggalan, sekolah swasta diharapkan bisa menyesuaikan.

"Sekarang ini sekolah-sekolah Muhammadiyah masih bisa berkompetisi. Tapi saya yakin 2-3 tahun mendatang, kalau tidak segera melakukan peningkatan bisa kalah dengan standar nasional kita," kata Mendikbud Muhadjir Effendy di Solo, Jumat (4/10).

Dia mengungkapkan, sekolah swasta sudah sepantasnya lebih unggul dibanding sekolah negeri, karena biayanya lebih mahal. Salah satu program digitalisasi yang dilakukan pemerintah tahun ini adalah dengan membagikan 1,7 juta gawai kepada siswa di 36 ribu sekolah di daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T). Pembelajaran di sekolah nantinya akan lebih banyak berbentuk digital.

"Pembelajaran di sekolah nanti lebih banyak berbentuk digital. Masih pakai buku, tapi utamanya pakai gadget," ujarnya.

Sehingga, Muhadjir menambahkan, bahan pembelajarannya akan menggunakan visual learning resource. Kemendikbud, dia mengungkapkan, sudah membikin portal, platformnya Rumah Belajar.

"Targetnya tahun depan sudah ada separuh sekolah negeri yang belajar menggunakan platform tersebut. Harapan saya sekolah Muhammadiyah juga mulai ikut memanfaatkan Rumah Belajar," tutupnya.

Baca juga:
Mendikbud Ingatkan Sekolah Tak Beri Sanksi Pelajar Ikut Demo
Mendikbud Keluarkan Edaran Minta Kepala Daerah Cegah Pelajar Ikut Demo
Mendikbud Mendapat Laporan Ada 50 Orang Menyamar jadi Pelajar saat Demo di DPR
Terkejutnya Mendikbud Dengar Pengakuan Pelajar Ikut Demo di Depan DPR
Mendikbud Klaim Sudah Minta Daftar Siswa Ikut Demo Depan Gedung DPR
VIDEO: Mendikbud Ingatkan Pihak Sekolah Cegah Pelajar Ikut Demo

(mdk/fik)