Terawan: Vaksin Nusantara sudah Dipublikasi dalam Jurnal Internasional

Terawan: Vaksin Nusantara sudah Dipublikasi dalam Jurnal Internasional
Dokter Terawan ajak rekan sejawat gabung PDSI. Eks Tenaga Ahli Terawan, Andi
NEWS | 27 Mei 2022 09:26 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyampaikan artikel tentang vaksin Nusantara telah dipublikasikan jurnal internasional. Jurnal tersebut dapat diakses oleh semua pihak untuk kemajuan ilmu kesehatan dunia.

"Saya bersyukur sekali, bahwa jurnal internasional terkait vaksin Nusantara telah bisa diterbitkan. Semua pihak dapat mengakses dan mempelajari demi kemajuan ilmu kesehatan dunia" kata Terawan melalui mantan Tenaga Ahlinya, Andi, Jumat (27/5).

Terawan bersyukur sebagai anak bangsa dapat menunjukkan kemampuan di dunia kesehatan internasional. Keberhasilan itu berkat bantuan banyak pihak, termasuk tim peneliti dan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Dia berharap dengan terbitnya jurnal Q1 internasional vaksin Nusantara dapat memajukan perkembangan ilmu kesehatan dunia dan menyelesaikan permasalahan virus Covid-19 di dunia.

"Semoga dengan terbitnya jurnal ini, dapat membantu kemajuan dan perkembangan ilmu kesehatan dunia, serta menuntaskan pertarungan kita melawan Covid 19," ucapnya.

Terawan juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, Rumah Sakit Kariadi Semarang, RSPAD Gatot Subroto yang telah mendukung penelitian vaksin Nusantara.

"Saya mengucapkan terima kasih, kepada Pemerintah, Bapak Jokowi, yang telah mendukung penelitian ini, dan juga RS Kariadi, RSPAD Gatot Subroto," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Andi menjelaskan, vaksin Nusantara dikembangkan menggunakan pendekatan sel dendritic. Pada prosesnya, sel dendritic ini dilakukan di luar tubuh manusia.

Sejauh ini, Andi menyebut sudah banyak orang yang telah menerima suntikan vaksin Nusantara, di antaranya sejumlah tokoh nasional seperti Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, hingga mantan Ketum Ketua Golkar Aburizal Bakrie.

Kemudian dari kalangan DPR seperti Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra), Emanuel Melkiades Laka Lena (Golkar), Saleh Partaonan Daulay (PAN), Adian Napitupulu (PDIP), Nihayatul Wafiroh (PKB), dan Arzetty Bilbina (PKB). (mdk/ray)

Baca juga:
IDI Tegaskan Pemecatan Dokter Terawan Tak Terkait Vaksin Nusantara
Masyarakat Penerima Vaksin Booster 12 Maret Capai 14,35 Juta Orang
VIDEO: Vaksin Nusantara Sulit Beredar di Indonesia, Ini Kata Eks Menkes Siti Fadilah
Menkes: Nusantara Diberikan Sebagai Layanan bukan Vaksin, Terbuka di Semua RS
Potret Menhan Prabowo Terima Vaksin Nusantara, Disuntik Langsung Eks Menkes

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami