Terbitkan Telegram, Kapolri Minta Anak Buah Patroli Siber Buru Hoaks Omnibus Law

Terbitkan Telegram, Kapolri Minta Anak Buah Patroli Siber Buru Hoaks Omnibus Law
Demo tolak RUU Cipta Kerja di DPR. ©Liputan6.com/Angga Yuniar
NEWS | 5 Oktober 2020 15:39 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Idham Azis menyiapkan patroli cyber, guna memburu informasi bohong atau hoaks soal Omnibus Law. Diketahui saat ini Omnibus Law Cipta Kerja tengah berproses di Parlemen untuk disahkan. Namun, hal itu masih menuai pro-kontra sehingga mengancam ketertiban dan keamanan masyarakat.

"Jajaran Polri lakukan patroli cyber di media sosial (medsos) terkait dengan potensi merebaknya penyebaran informasi palsu atau hoaks terkait dengan isu Omnibus Law," perintah Idham lewat Telegram Rahasia bernomor STR/645/X/PAM.3.2./2020 yang sudah dikonfirmasi kebenarannya oleh Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Senin (5/10).

Selain itu, Idham juga meminta agar jajarannya melaksanakan kegiatan fungsi intelijen dan pendeteksian dini guna mencegah terjadinya mogok kerja yang berpotensi terjadinya konflik sosial serta aksi anarkis di wilayah masing-masing.

"Lakukan pemetaan di perusahaan atau sentra produksi strategis dan memberikan jaminan keamanan dari adanya pihak-pihak yang mencoba melakukan provokasi atau mencoba memaksa buruh ikut mogok kerja serta unjuk rasa," tegas Idham.

Idham menjelaskan, tugas patroli cyber adalah memantau media sosial dan melakukan penataan terhadap media yang membangun opini publik kontra narasi isu yang mendeskreditkan pemerintah.

"Antisipasi harus dilakukan, lakukan pencegahan adanya aksi, seluruh jajaran Polri di wilayah masing-masing diminta untuk terus melaporkan kesiapan dan setiap kegiatan yang dilakukan kepada Kapolri dan Asops," kata Idham.

Reporter: Muhammad Radityo
Sumber : Liputan6.com

(mdk/rhm)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami