Terduga Bule Curi 24 Penyu dari Area Konservasi di Bali

PERISTIWA | 23 Oktober 2019 01:32 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Video yang diduga warga negara asing (WNA) yang belum diketahui identitasnya, viral di media sosial. Dalam video itu, terduga WNA itu mencuri puluhan penyu di Konservasi Penyu Pantai Sindu, Sanur, Denpasar Selatan, Bali, Senin (21/10).

Pengurus Konservasi Penyu Pantai Sindu I Made Winarta (43) membenarkan peristiwa pencurian itu, yang diduga dilakukan oleh warga asing.

"Iya (ada pencurian). Kalau saya lihat dari wajahnya sepertinya bule," kata Winarta saat ditemui di lokasi, Selasa (20/10).

Ia menceritakan awal pencurian penyu tersebut. Awalnya, ia datang ke area konservasi sekitar pukul 05.00 WITA. Kemudian saat memeriksa kolam-kolam, ternyata ada penyu yang hilang. Karena merasa curiga, ia mengecek CCTV dan ternyata benar ada pria diduga pelaku melompat pagar dari sisi timur dan masuk mengambil penyu. Dari rekaman CCTV diketahui pencurian dilakukan sekitar pukul 03.00 WITA.

"Yang hilang adalah sembilan ekor penyu ukuran dewasa dari berbagai jenis. Sisanya 15 ekor adalah bayi penyu atau tukik," ujarnya.

Ia juga menyampaikan, setelah peristiwa tersebut, pihaknya melapor ke Polsek Denpasar Selatan agar segera diselidiki. "Kalau kasus ini, baru pertama kalinya dan semoga cepat tertangkap pelakunya," ujar Winarta.

Baca juga:
Laptop untuk UNBK di SMPN 3 Sukamakmur Digondol Maling
Komplotan Pencuri Asal Lampung Beraksi di Bogor, Setiap Hari Targetkan 5 Motor
Marak Pencurian Aki, 500 Unit Lampu Jalan di Kupang Tak Berfungsi
Sakit Hati dengan Bos, Sopir Bobol Brankas Perusahaan Berisi Rp78 Juta
Perampok Sekap Ibu Rumah Tangga di Bekasi, Bawa Kabur Duit Rp50 Juta
Terlibat Kejar-kejaran dengan Polisi, Pencuri Sarang Burung Walet Ditangkap

(mdk/cob)