Terduga teroris di Gunungkidul fasilitator 4 WNI buronan Filipina

Terduga teroris di Gunungkidul fasilitator 4 WNI buronan Filipina
Rumah terduga teroris di Gunungkidul. ©2017 merdeka.com/purnomo edi
PERISTIWA | 7 Juni 2017 18:39 Reporter : Juven Martua Sitompul

Merdeka.com - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap seorang pria berinisial RS (34) di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (6/6). RS ditangkap karena diduga kuat sebagai penyandang dana untuk empat WNI yang diburu kepolisian Filipina.

Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan, RS diduga telah memfasilitasi keberangkatan Al Ikhwan Yushel, Yayat Hidayat Tarli, Anggara Suprayogi dan Yoki Pratama Windyarto. Bahkan, RS juga diketahui memberikan uang sebesar USD 7.500 kepada keempat orang tersebut.

"RS ditangkap terkait pemberian fasilitas keberangkatan dan uang saku kepada empat orang yang kini dicari kepolisian Filipina," kata Martinus saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (7/6).

Menurut Martinus, dari hasil pemeriksaan sementara, RS mengirimkan uang saku kepada empat orang itu sebanyak dua kali. Saat ini, RS pun telah diterbangkan ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan intensif.

"Saat ini sedang diperiksa, penyidik memiliki waktu 7 x 24 jam untuk memeriksa secara intensif," ujar dia.

Sebelumnya, kepolisian Filipina memasukkan nama tujuh WNI ke dalam daftar pencarian orang (DPO) karena diduga terlibat konflik militer dengan kelompok militan yang berafiliasi dengan ISIS di Kota Marawi. Ketujuh orang tersebut antara lain, Al Ikhwan Yushel, Yayat Hidayat Tarli, Anggara Suprayogi, Yoki Pratama Windyarto, Moch. Jaelani Firdaus, Muhamad Gufron, dan Muhammad Ilham Syahputra.

Sementara, RS (33) ditangkap oleh Densus 88 di Kampung Jeruk, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul, DIY, Selasa (6/6). RS, saat ini ditahan di Mako Brimob Polda DIY akan dibawa oleh Densus 88 ke Jakarta untuk pengembangan penyelidikan. (mdk/gil)

Densus 88 dikabarkan tangkap terduga teroris di Medan

Densus 88 sita panci presto dari rumah terduga teroris di Cileunyi

Densus tangkap motivator pelaku bom bunuh diri Kampung Melayu

Dibekuk Densus 88, RS akan dibawa ke Mako Brimob Kelapa Dua

Keluarga terkejut RS diamankan Densus 88 terkait terorisme

Terduga teroris di Gunungkidul ditangkap usai antar ibu ke pasar

Terduga teroris pulang ke Gunungkidul berencana menyunatkan anaknya

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami