Terduga Teroris FA Bukan Pengurus Muhammadiyah, Tapi Jamaah Islamiyah

Terduga Teroris FA Bukan Pengurus Muhammadiyah, Tapi Jamaah Islamiyah
TKP Rumah Terduga Teroris di Condet. ©2021 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
NEWS | 10 April 2021 16:27 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono menegaskan, satu terduga teroris berinisial FA yang ditangkap Detasmen Khusus (Densus) 88 antiteror di Bandara Soekarno Hatta bukan merupakan pengurus PP Muhammadiyah. Sebaliknya, FA merupakan anggota organisasi Jamaah Islamiyah (JI) Yogyakarta.

"Kami ingin meluruskan pemberitaan yang menyebutkan terduga teroris FA adalah pengurus PP Muhammadiyah itu tidak benar. Memang strategi JI adalah membenturkan pemerintah dengan organisasi agama yang ada agar terjadi konfik," kata Argo dalam keterangannya, Sabtu (10/4).

Argo menjelaskan, FA merupakan anggota kelompok teroris JI yang berperan cukup vital serta yang melakukan doktrinisasi terhadap anggota kelompoknya. Hal ini diketahui berdasarkan hasil dari penyidikan.

"Yang bersangkutan melakukan perekrutan beberapa orang untuk masuk kedalam organisasi JI dan melakukan pelatihan militer dan mendaki Gunung Lawu yang merupakan salah satu tahapan persiapan dalam aktifitas terorisme kelompok ini," jelasnya.

Diketahui, FA melakukan perjalanan ke Turki untuk membangun komunikasi dan jaringan terhadap tokoh-tokoh Al Qaeda dan terkait erat dengan strategi oraganisasi mereka yaitu mendukung gerakan terorisme global.

Sebelumnya, tim Densus 88 menangkap FA di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Kamis (8/4) bersama istrinya DM seusai pulang dari Turki. (mdk/rnd)

Baca juga:
Polri: Terduga Teroris Nouval Farisi Ditangkap Usai Keberadaan Diinfokan Orang Tua
Densus 88 Telah Tangkap 12 Terduga Teroris di Jakarta
Terduga Teroris di Pasar Rebo Berperan Siapkan Tempat Uji Coba Bom di Ciampea Bogor
Densus 88 Tambah 3 Orang Masuk DPO di Jakarta, Total 6 dan 1 Sudah Serahkan Diri
Densus 88 Gerebek Rumah di Pasar Rebo Jakarta Timur, 1 Terduga Teroris Ditangkap
Densus 88 Geledah Rumah Warga di Kota Yogyakarta Sita Rompi dan Buku

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami