Terima Dokumen Perkara Djoko Tjandra, KPK Kaji Keterlibatan Pihak Lain

Terima Dokumen Perkara Djoko Tjandra, KPK Kaji Keterlibatan Pihak Lain
PERISTIWA | 23 November 2020 02:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima salinan dokumen perkara skandal Djoko Soegiarto Tjandra dari Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Bareskrim Polri, pada Kamis (19/11).

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, tim supervisi lembaga antirasuah tengah menelaah salinan dokumen perkara tersebut. Jika ditemukan dugaan keterlibatan pihak lain, maka tak menutup kemungkinan akan dijerat KPK.

"Tim akan pelajari terkait dengan apakah dari kontruksi kasus dalam berkas dokumen tersebut ada indikasi peristiwa pidana sehingga kemudian juga akan dikaji kemungkinan adanya pihak-pihak lain yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum," ujar Ali dalam keterangannya, Minggu (22/11).

Selain menelaah dokumen tersebut, KPK juga menerjunkan tim untuk memantau jalannya persidangan kasus Djoko Tjandra di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat. Salinan dokumen nantinya akan ditelaah bersama fakta persidangan.

"Tim supervisi KPK juga terus mencermati setiap fakta-fakta yang ada dalam proses pembuktian di persidangan perkara dimaksud yang saat ini masih berlangsung di Pengadilan Tipikor," kata Ali.

Diberitakan sebelumnya, KPK telah menerima salinan data dan dokumen terkait skandal Djoko Soegiarto Tjandra. KPK menerima salinan berkas tersebut dari Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Polri.

"Sebagai bagian dari pelaksanaan tugas supervisi, saat ini KPK telah menerima berkas dokumen yang diminta baik kepada Kejaksaan maupun Kepolisian," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (19/11/2020).

Ali mengatakan, berkas tersebut akan ditelaah lebih jauh oleh tim lembaga antirasuah.

"Berikutnya tentu KPK akan melakukan penelitian dan telaahan terhadap dokumen dimaksud. Perkembangannya akan kami informasikan lebih lanjut," kata Ali.

Reporter: Fachrur Rozie (Liputan6.com) (mdk/did)

Baca juga:
Kuasa Hukum Minta Hakim Periksa Silang Kasus Surat Jalan Palsu Djoko Tjandra
Hakim Tunda Sidang Surat Jalan Palsu Terdakwa Anita Kolopaking hingga 24 November
Interpol Sempat Kirim Notifikasi Soal Masa Berlaku Red Notice Djoko Tjandra pada 2019
Red Notice Atas Nama Djoko Tjandra Kosong Sejak April 2020
Komjen (Purn) Setyo Wasisto Sempat Wanti-Wanti Imigrasi Kepulangan Djoko Tjandra
JPU Hadirkan Komjen Purn Setyo Wasisto Jadi Saksi Kasus Red Notice Djoko Tjandra

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami