Terima Penghargaan, KPK Terus Tingkatkan Pengelolaan Kearsipan

Terima Penghargaan, KPK Terus Tingkatkan Pengelolaan Kearsipan
PERISTIWA | 26 Februari 2020 20:40 Reporter : Didi Syafirdi

Merdeka.com - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) memberi penghargaan kepada 32 Kementerian dan 90 pemangku kebijakan. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) salah satu yang menerima penghargaan karena dianggap baik melakukan pengelolaan kearsipan.

Penghargaan diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia, Tjahjo Kumolo kepada Sekretaris Jenderal KPK, Cahya H. Harefa dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Kearsipan di Surakarta, Rabu (26/2).

"Tanpa pengelolaan arsip dan data yang baik mustahil bisa mewujudkan akuntabilitas kinerja lembaga yang memuaskan," ujar Cahya dalam keterangannya.

Ia menambahkan, KPK akan terus meningkatkan tata cara pengelolaan kearsipan. Menurutnya, banyak tugas kelembagaan KPK yang sangat tergantung pada pengelolaan kearsipan.

"Dari satu sisi bidang penindakan saja, KPK harus sudah aman melakukan pengelolaan arsipnya. Belum tugas-tugas yang lain," tuturnya.

23 Kementerian memperoleh penghargaan dengan kategori AA sangat memuaskan hingga kategori A atau memuaskan. Sedangkan 6 provinsi di Jawa, yakni Jawa Tengah, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Yogyakarta memperoleh penghargaan dengan kategori sangat baik.

Plt Kepala Arsip Nasional RI M Taufik mengatakan, acara tersebut dihadiri sedikitnya 850 pegiat, pekerja atau pemangku kebijakan pejuang kearsipan se Indonesia. Penghargaan tersebut diharapkan bisa mendorong mereka untuk bekerja lebih baik di masa mendatang.

"Kearsipan sekarang ini sudah bergeser ke teknologi informasi. Peran arsip harus ada di garda paling depan, sesuai paradigma," katanya.

Menteri Tjahjo menekankan pentingnya kearsipan. Terkait data kependudukan, data kepegawaian, aset negara dan aset pemerintah daerah lainnya. Dari zaman revolusi hingga reformasi, semua harus diselesaikan.

"Contohnya di Solo, banyak sekali. Sriwedari, Benteng Vastenburg, batas batas desa, batas kecamatan harus diselesaikan. Jawa Tengah bagus sudah sampai desa desa," katanya. (mdk/did)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami