Terima Program Bedah Rumah dari Pemkot, Warga Kota Bengkulu Ini Menangis Bahagia

Terima Program Bedah Rumah dari Pemkot, Warga Kota Bengkulu Ini Menangis Bahagia
PERISTIWA | 18 September 2020 11:03 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Umar Hasan warga Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu tak pernah menyangka, musibah kebakaran yang menimpa rumahnya pada awal Agustus lalu ternyata mendapat perhatian dari Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan. Kesusahan, kepahitan, dan kesengsaraan yang ia alami bersama keluarga ternyata Allah kirim pertolongan melalui Program HD Bahagia.

"Alhamdulillah, rumah kami yang sebelumnya terbakar, kini sudah dibangun kembali. Kami merasakan perhatian, kepedulian dan bantuan dari pemerintah. Terima kasih Wali Kota, Wawali, BazNas, Dinas PUPR, Dinas Perkim, Himpera, Camat, Lurah, RT, dan semua masyarakat yang ikut membantu," tutur Umar dengan mata berkaca kaca saat menerima kunci rumah secara simbolis dari Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan 19 Agustus 2020 lalu.

Umar Hasan tak banyak bicara, ia menyaksikan sendiri bagaimana Pemkot Bengkulu serius menyediakan rumah layak huni baginya pasca kebakaran rumah yang ia alami.

"Sekali lagi Terima kasih Pak Wali," ujar Umar.

Sementara itu, Helmi Hasan mengatakan, program HD Bahagia ini sudah dilaunching 17 Agustus. Sasaran dari program HD Bahagia ini bukan hanya rumah-rumah warga yang terbakar saja namun juga termasuk rumah-rumah warga miskin tak layak huni yang juga akan direnovasi.

"Kita akan mulai program HD Bahagia sehingga 100 persen rumah di Kota Bengkulu betul-betul layak huni. Dan itu dianggarkan di APBD, Insya Allah, mohon doanya," kata Helmi.

Melalui program ini, sambung Helmi, pemerintah hadir disaat ada masyarakat yang terkena musibah dengan melakukan pembangunan kembali terhadap rumah warga itu.

Sementara itu, Plt Kadis Kominfosan Kota Bengkulu Eko Agusrianto memperkirakan biaya yang akan dianggarkan untuk program HD Bahagia ini sekitar Rp1 Miliar di APBDP dengan leading sektor Dinas PUPR, dimana biaya rehab per rumah akan dialokasikan sekitar Rp 35-40 juta.

Eko melanjutkan, Pemkot Bengkulu juga masih akan merehab rumah-rumah warga korban kebakaran. Program HD Bahagia ini akan menjadi stimulan karena harapannya akan banyak pihak-pihak lain yang ikut berpartisipasi termasuk salah satunya dari pihak swasta.

Dalam pelaksanaannya, sambung Eko, akan ada tim yang bertugas memantau kondisi rumah warga, yang mana yang layak untuk menerima bantuan rehab. Juga akan diperhatikan status kepemilikan tanah. Tanah yang memang sudah hak milik, bisa mendapatkan bantuan program HD bahagia asalkan rumah yang bersangkutan memang memenuhi kriteria tidak layak huni.

"Mudahan-mudahan melalui program ini nanti bisa mewujudkan program kebahagiaan bagi masyarakat Bengkulu, dan ini sebagai stimulan diharapkan semua dapat berpartisipasi, baik BUMN, Swasta maupun individu" demikian Eko.

Untuk diketahui, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan dan wawali Dedy Wahyudi hadir langsung meresmikan sekaligus menyerahkan kunci rumah kepada Umar Hasan pada 19 Agustus 2020 lalu. Saat itu Umar Hasan dan keluarga nyaris menangis haru karena perhatian Pemkot Bengkulu begitu besar melalui sentuhan kepedulian dalam membangun kembali rumah tempat ia dan keluarganya. (mdk/hhw)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami