Terjaring Razia Masker, 5 dari 68 Pelanggar Positif Covid-19

Terjaring Razia Masker, 5 dari 68 Pelanggar Positif Covid-19
PERISTIWA | 13 Juli 2020 22:32 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengatakan, terdapat penambahan lima kasus konfirmasi positif Covid-19 pada Senin (13/7). Penambahan kasus ini didapat dari masyarakat yang terjaring razia penggunaan masker.

"Pada tanggal 6 Juli lalu, kita melakukan razia penggunaan masker bagi masyarakat, dimana dari hasil razia tersebut sebanyak 68 orang yang terjaring karena tidak menggunakan masker saat menggunakan kendaraan roda dua," katanya di Pontianak, Senin (13/7).

Sebanyak 68 orang yang terjaring razia tersebut kemudian diambil sampel usap (swab) dan diperiksa di laboratorium RS Untan. Dan pada hari ini hasil pemeriksaannya keluar dimana sebanyak 5 dari 68 sampel usap tersebut dinyatakan positif Covid-19.

"Jadi, hari ini kita mendapatkan lima kasus konfirmasi baru yang merupakan kasus konfirmasi yang kita dapatkan dari razia masker yang dilaksanakan di auditorium," ujarnya.

Harisson menjelaskan, dari 5 orang kasus baru ini, 4 orang berada di Pontianak, 1 orang di Kubu Raya. Terhadap 5 orang positif hasil razia masker ini, Dinas Kesehatan Pontianak dan Kubu Raya sudah melakukan langkah-langkah isolasi dan pemeriksaan kontak dan pelacakan (tracking) kepada masyarakat tersebut.

Untuk itu, dia mengharapkan, agar masyarakat Kalbar bisa tetap waspada dan menjaga diri dati sebaran virus tersebut agar tidak terpapar.

"Jadi, kita semua mengingatkan masyarakat, zona hijau di Pontianak atau daerah lain tidak akan bisa berlangsung lama, kalau masyarakatnya tidak disiplin," terangnya seperti dilansir dari Antara.

1 dari 1 halaman

Kalau dilihat, ada orang yang berkeliaran, menggunakan sepeda, jalan kaki atau sepeda motor, tidak menggunakan masker, padahal orang ini bisa saja positif.

"Kalau mereka tidak menggunakan masker, akan mudah sekali menyebarkan atau menularkan penyakitnya ke orang lain di sekitarnya yang juga tidak menggunakan masker," ujarnya.

Untuk itu, dia akan terus memaksimalkan razia penggunaan masker di sejumlah tempat keramaian untuk mencegah penyebaran virus tersebut di tengah masyarakat.

Selain mendapatkan lima kasus konfirmasi baru, di Kalbar juga terdapat satu kasus sembuh yang berasal dari Kabupaten Ketapang. Kemudian, sampai hari ini, total kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 355 orang, kasus sembuh 328 orang dan 4 orang meninggal. (mdk/fik)

Baca juga:
7 Pegawai KPK Positif Covid-19, 5 Orang Sudah Dinyatakan Sembuh
Jokowi Prediksi Puncak Covid-19 di Indonesia pada Agustus-September 2020
Gugus Tugas Surabaya Tracing Kasus Covid-19 di Kantor RRI, Metro TV dan TVRI
Pendaftaran Peserta Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Akhir Juli 2020
Pemerintah Terbitkan Perpres Baru Agar Program Prakerja Tepat Sasaran
Pengunjung Restoran Beri Tip Rp14 Juta Bagi Karyawan yang Bekerja Saat Pandemi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami