Terjerat Tali Kawat di Perkebunan Aceh, Harimau Sumatra Berhasil Diselamatkan

Terjerat Tali Kawat di Perkebunan Aceh, Harimau Sumatra Berhasil Diselamatkan
Harimau Sumatera ditemukan terjerat di Aceh. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 25 Januari 2021 02:05 Reporter : Wisnoe Moerti

Merdeka.com - Tim gabungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mengevakuasi anak harimau sumatra (panthera tigris sumatrae) yang terjerat sling atau tali kawat di kawasan perkebunan masyarakat di Kabupaten Aceh Tenggara.

Dilansir Antara, Minggu (24/1), Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto menuturkan, anak harimau tersebut kini dalam perawatan tim medis di Kantor Resor BKSDA di Kutacane, Aceh Tenggara. Kondisi anak harimau tersebut terus dipantau tim medis.

"Harimau tersebut berusia satu hingga 1,5 tahun, berkelamin jantan. Anak harimau tersebut terjerat di kaki depan kanan. Jeratannya sling atau bekas tali rem sepeda motor atau sejenisnya," kata Agus Arianto.

Agus Arianto mengatakan anak Harimau Sumatra tersebut ditemukan terjerat di kebun warga di Gampong Gulo, Kecamatan Darul Hasanah, Aceh Tenggara, Jumat (22/1). Kemudian, warga melaporkan ke BKSDA Resor Kutacane, Aceh Tenggara.

Dari laporan tersebut, tim BKSDA bersama TNI dan Polri serta masyarakat berangkat menuju lokasi harimau tersebut. Namun, proses evakuasi terhambat karena ada dua harimau lainnya berkeliaran di sekitar anak harimau terjerat tersebut.

"Dua harimau yang berkeliaran tersebut diperkirakan induk bersama anak harimau lainnya. Tim juga harus memastikan keselamatan sendiri. Setelah kondisi aman, anak harimau terjerat tersebut bisa dievakuasi Sabtu (23/1)," kata Agus Arianto.

Agus Arianto mengatakan perawatan anak harimau terkena jerat tersebut membutuhkan waktu. Terkait berapa lama waktu yang dibutuhkan tergantung kondisi luka dialami. Kini, kondisi anak harimau tersebut dalam keadaan baik.

"Kami berharap ini tidak terlalu lama bisa dilepasliarkan ke habitatnya. Kami akan duduk dengan masyarakat setempat membicarakan masalah penanganan harimau, sehingga keberadaannya tetap terjaga," kata Agus Arianto. (mdk/noe)

Baca juga:
Harimau Mangsa Kambing Milik Warga di Toba
Harimau Sumatera Kembali Serang Lembu Milik Warga di Langkat
Teror Serangan Harimau di Bahorok Sumut Berlanjut, 2 Lembu Ditemukan Mati
Menelusuri Fakta Video Kemunculan Harimau di Hutan Jati Blora
Teror Harimau Sumatra Terjadi Lagi, Tertangkap Kamera Saat Mangsa Ternak Warga Sumut
2 Lembu di Bahorok Dimangsa Harimau

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami