Terjerat Tali Nilon, Anak Gajah di Siak Luka Parah Diselamatkan BKSDA

PERISTIWA | 17 Oktober 2019 01:03 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Seekor anak gajah terjerat tali nilon di Desa Lubuk Umbut, Sungai Mandau, Siak. Area tersebut merupakan kawasan konsesi perusahaan bubur kertas, PT Arara Abadi anak usaha Sinarmas Group.

Tim Rescue Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau berhasil menyelamatkan satwa bertubuh bongsor tersebut. Awalnya petugas mendapat laporan dari masyarakat yang menemukan gajah itu di Distrik Melibur.

"Begitu dapat informasi, tim langsung ke lokasi. Informasi yang didapatkan gajah sedang berendam di sungai dan sudah ditinggalkan kelompoknya," kata Kepala BBKSDA Riau, Suharyono kepada merdeka.com Rabu (16/10).

©2019 Merdeka.com/Abdullah Sani

Sebelum petugas tiba, masyarakat sekitar lokasi membantu dengan mengawasi posisi satwa tersebut agar selalu terpantau. Kemudian ketika sampai, tim langsung mendekatinya.

"Petugas melakukan pelepasan jerat yang kuat mengikat kaki gajah berjenis kelamin jantan itu. Umurnya sekitar 1 tahun," kata Suharyono.

©2019 Merdeka.com/Abdullah Sani

Kondisi gajah melemah dengan luka parah akibat jeratan. Tim memutuskan untuk melakukan tindakan medis darurat di lokasi. Suharyono menyebutkan, usia gajah yang masih tergolong sangat muda dengan daya bertahan yang masih sangat rendah.

"Maka gajah tersebut akan menjalani perawatan atau pemulihan intensif di Pusat Latihan Gajah (PLG) Riau di Minas. saat ini, upaya evakuasi masih dilakukan dengan pengawalan 2 gajah jinak bernama Bankin dan Indah," tandasnya.

Baca juga:
Musim Kawin, Gajah Masuk Permukiman Bikin Warga Indragiri Hulu Resah
Puluhan Ekor Babi di Sumut Mati Mendadak, Diduga Terjangkit Hog Cholera
Sulit Dapat Betina, Gajah Jantan Sedang Birahi Berkeliaran ke Pemukiman
Gajah Liar Porak-porandakan Kebun Warga di Beungga Aceh
Orangutan Ditemukan Sekarat di Kebun Sawit Kalteng, 70 Peluru Bersarang di Tubuh

(mdk/ray)