Terlilit Utang, Warga Kebumen Ini Gadaikan 5 Motor Milik Tetangga

PERISTIWA | 10 April 2019 02:04 Reporter : Abdul Aziz

Merdeka.com - Berdalih meminjam motor untuk menagih utang, MU (24) warga Desa Sempor, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen menggelapkan motor milik tetangganya, Lusino (50). Baru diketahui kemudian, aksi MU telah memakan 5 korban.

MU sempat menghilang selama lima hari sejak meminjam motor milik Lusino pada Sabtu (30/3). Ternyata, ia menggadaikan motor-motor pinjamannya sebab terlilit utang.

Diduga menggelapkan sepeda motor milik tetangganya, MU (24) warga Desa Sempor, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen dilaporkan ke polisi.

Kapolsek Sempor Polres Kebumen, IPTU Sugito mengatakan, peristiwa penggelapan berawal ketika tersangka datang ke rumah korban pada hari Sabtu (30/3) sekitar pukul 09.00 WIB. Saat itu pelaku meminta izin meminjam motor untuk digunakan menagih utang di rumah seseorang di Sempor.

"Pelaku ternyata menggadaikan motor pinjaman tanpa sepengetahuan pemiliknya," katanya, Selasa (9/4).

Pelaku menghilang semenjak meminjam motor tersebut. Akhirnya Lusino yang kebingungan melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Sempor.

"Setelah kita melakukan penyelidikan, tersangka berhasil ditangkap pada hari Jumat (5/4) sekitar pukul 10.30 Wib kemarin. Tersangka diamankan di Desa Sempor di rumah temannya," ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan kepada tersangka, didapati informasi jika tersangka melakukan kejahatan yang sama di empat korban lainnya.

"Modusnya sama. Tersangka berpura-pura meminjam sepeda motor, lalu digadai. Kasus ini masih kita kembangkan," jelasnya.

Kepada polisi, tersangka mengaku uang hasil gadai ia gunakan untuk membayar utang dan mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Kini tersangka mendekam di balik jeruji besi rumah tahanan. Tersangka dijerat dengan pasal 378 KUH Pidana tentang tindak Pidana Penipuan dan atau Pasal 372 KUH Pidana tentang tindak pidana penggelapan. (mdk/fik)

Baca juga:
Seorang Mantan Karyawan Gelapkan Uang Koperasi untuk Bayar Utang dan Cicilan
Selalu Mangkir, Mantan Wagub Bali I Ketut Sudikerta Resmi Ditahan Polisi
Ini Penjelasan Polisi atas Penangkapan Mantan Wagub I Ketut Sudikerta
PSI Pecat Caleg yang Gelapkan Uang Koperasi Rp 800 Juta untuk Judi
Bawa Kabur Uang Pembeli, Kepala Diler Yamaha Yogyakarta Dilaporkan ke Ombudsman
Pecatan Polisi Dibekuk Usai Gelapkan Mobil Rental

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.