Terpilih jadi Ketua MA, Harta Syarifuddin Capai Rp3,6 M

Terpilih jadi Ketua MA, Harta Syarifuddin Capai Rp3,6 M
PERISTIWA | 6 April 2020 15:09 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Muhammad Syarifuddin terpilih sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025. Syarifuddin menggantikan Muhammad Hatta Ali yang memasuki masa pensiun pada 1 Mei 2020 mendatang.

Syarifuddin mendapatkan 32 suara dari 47 suara hakim agung dalam Sidang Paripurna Khusus Pemilihan Ketua MA. Sementara Andi Samsan Nganro meraih 14 suara. Satu suara dinyatakan abstain, yakni suara Hatta Ali.

Berdasarkan laman laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang dilihat dari laman e-LHKPN.kpk.go.id, Syarifuddin memiliki harta kekayaan mencapai Rp3,6 miliar. Harta tersebut dia laporkan pada 28 Maret 2019 untuk periodik 2018.

Harta kekayaan Syarifuddin terdiri dari harta bergerak dan tidak bergerak. Untuk harta tidak bergerak, Syarifuddin tercatat memiliki tanah dan bangunan yang tersebar di lima lokasi.

Yakni di Yogyakarta, Ogan Komering Ulu, Banyumas, dan dua di daerah Jakarta Selatan. Total tanah dan bangunan Syarifuddin senilai Rp2.907.152.000.

Untuk harta bergerak, Syarifuddin tercatat memiliki alat transportasi berupa satu mobil Daihatsu Terios tahun 2008 dan motor Kawasaki Ninja tahun 2005 dengan nilai mencapai Rp209 juta.

Selain itu, Syarifuddin juga memiliki harta bergerak lainnya berjumlah Rp39 juta serta kas dan setara kas senilai Rp672 juta. Kendati demikian, Syarifuddin tercatat memiliki utang sejumlah Rp192 juta. Sehingga, total keseluruhan harta kekayaan Syarifuddin mencapai Rp3.635.205.852.

1 dari 1 halaman

Pesan Hatta Ali

Kepada penerusnya, Hatta Ali berpesan agar selalu kerja keras dan sepenuh hati dalam bekerja karena amanah ini cukup berat. Nama Syarifuddin segera dia serahkan ke Presiden Joko Widodo.

"Mari kita bekerja sama untuk mendukung ketua MA RI yang baru," katanya.

Kepada calon lain yang belum terpilih, Hatta meminta jangan berkecil hati.

"Kepada para calon ketua MA yang lain, yang telah mengikuti kompetisi ini dengan fair, saya berpesan agar tidak berkecil hati, karena segala sesuatu pasti ada hikmah yang tersembunyi," ujar Hatta.

Hatta Ali berterimakasih kepada seluruh hakim agung atas lancarnya proses pemilihan ketua MA.

"Marilah kita panjatkan puji dan syukur, karena proses suksesi kepemimpinan di MA, yaitu pemilihan ketua MA dapat berjalan lancar dan sukses, walaupun di tengah suasana merebaknya Covid-19," kata dia.

Reporter: Fachrul Rozie

Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
Gantikan Hatta Ali, Syarifuddin Terpilih jadi Ketua MA Periode 2020-2025
Perolehan Suara Calon Tak Sampai 50%, Pemilihan Ketua MA Dibuat 2 Putaran
Hatta Ali Pensiun Jadi 'Wakil Tuhan'
Hatta Ali Tak Ikut Gunakan Hak Pilih Ketua MA, Ini Alasannya
Ketua MA Baru Diharapkan Sosok Berintegritas dan Tak Punya Catatan Hukum
Hari Ini, Mahkamah Agung Gelar Pemilihan Ketua Baru

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami