Tersangka Kasus Suap, Menpora Imam Nahrawi akan Lapor Presiden Jokowi

PERISTIWA | 18 September 2019 21:04 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi jadi tersangka suap dan gratifikasi. Imam disinyalir menerima uang dengan nilai total Rp26,5 miliar.

Imam mengaku baru mengetahui telah ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada sore hari. Langkah selanjutnya, kata Imam, akan berkomunikasi dengan Presiden Jokowi terkait masalah tersebut.

"Karena saya baru tahu sore, tentu beri kesempatan nanti untuk berkomunikasi kepada pak Presiden," kata Imam di Wijaya Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (18/9).

Dia juga belum berkomunikasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terkait penetapan tersangka tersebut. Imam berharap KPK menjunjung tinggi azas praduga tak bersalah.

"Jangan sampai kemudian ini membuat justifikasi seolah-olah saya bersalah, tidak akan kami kita bersama-sama buktikan nanti di proses pengadilan," ujar dia.

Sebelumnya, Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan Imam akan otomatis akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri.

"Iya secara otomatis, diminta tidak diminta secara otomatis itu. Iya ada yurisprudensi ya, paling tidak itu secara otomatis," kata Ngabalin saat dihubungi di Jakarta, Rabu (18/9).

Namun terkait siapa yang akan menggantikan Imam. Ngabalin pun belum mau menjelaskan. Sebab menurut dia, hal tersebut adalah hak Presiden Joko Widodo.

"Kalau itu tentu menjadi hak prerogatif presiden seperti apa nanti tentu Bapak Presiden yang memiliki kewenangan terkait dengan penetapan tersangka Pak Imam Nahrawi. Kewenangan ini menjadi hak prerogatif presiden, itu kita belum tahu," kata Ngabalin.

Baca juga:
Jadi Tersangka di KPK, Imam Nahrawi Harap Kasusnya Bukan Politis
Menpora Soal Penetapan Tersangka: Jangan Pernah Nuduh Kalau Tidak Ada Bukti
Laporan LHKPN Maret 2018, Harta Menpora Imam Nahrawi Capai Rp 22 M
KPK Tetapkan Menpora Jadi Tersangka Baru Kasus Suap Dana Hibah KONI
Begini Situasi di Kemenpora Usai Imam Nahrawi Jadi Tersangka KPK

(mdk/ded)