Tersangka Mutilasi di Pasar Besar Malang Jalani 38 Adegan Rekonstruksi

PERISTIWA » MALANG | 18 Juni 2019 13:03 Reporter : Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Tersangka pelaku pembunuhan dan mutilasi, Sugeng Santoso (49) menjalani rekonstruksi sebanyak 38 adegan. Rekonstruksi berlangsung di lokasi ditemukan jenazah korban di Lantai 2 Pasar Besar Kota Malang.

Rekonstruksi diawali di sekitar Klenteng Ang En Kiong tempat antara pelaku dan korban berkenalan. Sebanyak 3 adegan dilakukan di lokasi pertama, sementara sisanya dilakukan di Pasar besar. Selama rekonstruksi adegan demi adegan berlangsung mendapat pengawalan sejumlah anggota kepolisian.

"Total ada 38 adegan yang diperagakan tersangka," tegas AKP Komang Yogi Arya Wiguna, Kasatreskrim Polres Malang Kota di Pasar Besar Kota Malang, Selasa (18/6).

Selama di TKP Pasar Besar, adegan diawali di anak tangga dengan berjalan sambil ngobrol dengan korban, yang diperagakan oleh seorang Polwan. Korban dan pelaku sempat duduk di anak tangga, sebelum kemudian muncul niat melakukan hubungan badan.

Karena sakit, hubungan badan batal dilakukan dan korban tidur di lokasi kejadian. Proses rekonstruksi eksekusi pembunuhan (penggorokan) terhadap korban berlangsung di anak tangga paling atas, sehingga pandangan awak media tertutup balkon.

Selanjutnya korban yang sudah tidak bernyawa dibawa ke kamar mandi dan dimutilasi. Dalam adegan yang berlangsung sekitar satu jam itu, tersangka terlihat tenang dan terlihat sempat meminta minum kepada petugas.

"Rekonstruksi memang menggambarkan kesesuaian fakta yang disampaikan tersangka di dalam berkas pemeriksaan dan perbuatan ril yang dilakukan tersangka. Kita buat reka ulang atau rekonstruksikan dari awal yang bersangkutan berinteraksi dengan korban sampai menghabisi nyawa korban dan memotong jasadnya," jelas Komang.

Rekonstruksi dihadiri oleh jaksa, pengacara dan aparat kepolisian. Rekonstruksi sekaligus untuk menerangkan terkait perbuatan tersangka yang memenuhi alat bukti dan yang sudah diserahkan oleh penyidik.

"Berkasnya sudah di Kejaksaan sudah tahap 1. Beberapa petunjuk lagi kami lengkapi terkait pemeriksaan saksi, insya Allah segera P21," tegasnya.

Baca juga:
Sketsa Disebar, Identitas Korban Mutilasi Pasar Besar Malang Masih Gelap
Hasil Tes Kejiwaan, Pelaku Mutilasi di Malang Tutupi Kejadian Sebenarnya
Sugeng Santoso Tato Namanya saat Korban Mutilasi Pingsan
Sugeng Santoso Mutilasi Korban Karena Kecewa Hasrat Seksualnya Tak Tersalurkan
Fakta Kekejaman Sugeng Santoso, Pemutilasi Pakai Gunting di Malang
Jejak Pelaku Mutilasi di Malang, Pernah Potong Lidah Pacar & Bakar Rumah Tetangga

(mdk/rhm)