Terungkap Fakta Mengejutkan Motif Prajurit TNI Prada DP Bunuh Pacarnya

PERISTIWA | 14 Juni 2019 16:11 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Sudah lebih dari satu bulan prajurit TNI Prada DP menjadi buronan Denpom II Sriwijaya. Prada DP membunuh pacarnya sendiri, Fera Oktaria (21) di kamar penginapan di Musi Banyuasin, Jumat (10/5).

Kini Prada DP ditangkap Denpom II Sriwijaya, setelah petugas mencari keberadaannya dengan menyebar foto Prada DP. Berikut penjelasan penangkapan prajurit TNI Prada DP hingga motif membunuh pacarnya:

1 dari 4 halaman

Prada DP Ditangkap di Padepokan Banten

Prada DP ditangkap Denpom II Sriwijaya saat berada di salah satu padepokan di Serang, Banten, Kamis (13/6). Ia menuju Banten untuk belajar ilmu agama.

Kapendam II Sriwijaya Kolonel Inf Djohan Darmawan mengungkapkan, Prada DP berangkat ke Serang dari Musi Banyuasin menggunakan bus antar kota antar propinsi (AKAP) setelah pembunuhan terjadi, Jumat (10/5).

2 dari 4 halaman

Prada DP Bingung dengan Perbuatannya

Usai membunuh Fera, Prada DP makin diselimuti rasa bersalah. Akhirnya ia memutuskan untuk pergi ke Banten dengan menggunakan bus. Selama di bus, Prada DP tampak bingung dengan perbuatan yang ia lakukan.

"Prada DP seperti orang kebingungan selama di bus," ungkap Kapendam II Sriwijaya Kolonel Inf Djohan Darmawan.

3 dari 4 halaman

Belajar Ilmu Agama di Banten

Karena merasa gusar, Prada DP akhirnya mencoba berbicara dengan penumpang lain untuk belajar agama. Atas saran salah seorang penumpang, Prada DP berangkat ke padepokan di Serang untuk belajar ilmu agama karena menyesali perbuatannya.

Namun selama mengobrol dengan penumpang, Prada DP tidak mengenalkan diri sebagai TNI. "Prada DP tidak mengaku anggota TNI. Di sana (Banten) dia belajar ngaji, cukup lama di sana, dari 10 Mei sampai 13 Juni," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Ada Desakan Menikah dari Korban

Sebelum membunuh Fera, Prada DP sempat cekcok dengan korban di penginapan di Musi Banyuasin. Pertengkaran itu disebabkan desakan oleh korban untuk dinikahi pelaku.

"Ya mereka cekcok karena Fera meminta ingin dinikahi. Prada DP kesal, gusar dengan ocehan Fera akhirnya terjadi pembunuhan," ungkap Djohan, Jumat (14/6).

Prada DP mengaku belum siap menikah lantaran masih menjalani pendidikan sebagai prajurit TNI yang baru diterima. Keduanya menjalin hubungan asmara sejak SMA dan disetujui orangtua masing-masing.

"Mengapa dia tega (membunuh) ya karena dia mungkin belum siap karena masih pendidikan untuk dimintai dinikahi," ujarnya. (mdk/has)

Baca juga:
Prada DP Bunuh Pacarnya Lantaran Desakan Menikah
Selama Buron Usai Membunuh Pacar, Prada DP Belajar Ngaji di Serang
Anggota TNI Pembunuh Fera Oktaria Ditangkap di Serang
Anggota TNI Pembunuh Fera Oktaria Masih Buron
Curhatan Fera Oktaria Saat Masih Pacaran dengan Anggota TNI Prada DP
Batasi Ruang Gerak, Foto Anggota TNI Terduga Pembunuh Fera Disebar di 5 Provinsi