Tiba di Tanah Air, Presiden Jokowi Langsung Takziah ke Rumah Duka Tjahjo Kumolo

Tiba di Tanah Air, Presiden Jokowi Langsung Takziah ke Rumah Duka Tjahjo Kumolo
Tiba di Tanah Air, Presiden Jokowi Langsung Takziah ke Rumah Duka Tjahjo Kumolo. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 2 Juli 2022 08:48 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Setibanya di Tanah Air, Sabtu (2/7), Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana langsung bertakziah ke rumah duka almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo di Kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana saat bertakziah yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung beserta Ibu Endang Nugrahani.

Jokowi tiba di rumah duka sekitar pukul 07.22 WIB. Disambut istri Tjahjo, Erni Guntarti, beserta anak-anaknya, yakni Rahajeng Widyaswari, Karunia Putri Pari Cendana, dan menantunya Detri Warmanto. Usai berbincang dan mendoakan almarhum, Jokowi berpamitan.

Jokowi mengenang almarhum Tjahjo Kumolo sebagai pribadi yang tenang dan sederhana. Menurut Presiden, Tjahjo Kumolo juga merupakan seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati.

"Pak Tjahjo adalah pribadi yang tenang dan sederhana. Seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati, yang penuh integritas dan setia mengabdikan dirinya untuk masyarakat, bangsa dan negara," ujar Presiden saat menyampaikan belasungkawa di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab, Jumat (1/7).

2 dari 2 halaman

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kali Bata Jakarta Selatan, Jumat (1/7).

Erni Guntarti, istri dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, ikut mengantarkan suaminya ke tempat peristirahatan terakhir di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Tjahjo meninggal dunia pada Jumat (1/7) sekitar pukul 11.10 Wib.

Selama mengikuti prosesi pemakaman, Erni terus didampingi anak, menantu serta cucunya. Ia tampak mengenakan pakaian hitam, penutup kepala (kerudung) cokelat serta selendang ungu.

Erni sempat menceritakan pertemuan antara dirinya dengan almarhum Tjahjo Kumolo kepada awak media. Ibu tiga anak itu mengaku, perkenalan dengan suaminya sejak semasa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Saya dengan bapak sudah kenal lama sekali, soalnya kami teman sejak sekolah, sejak SMP, SMA, kuliah dan bersama dan sudah dekat sekali, sudah lama kenal. Pokoknya ketika itu ya hidup apa adanya," kata Erni di lokasi, Jumat (1/7).

Sebelum wafat, ternyata Tjahjo sempat bilang kepadanya ingin meninggal dunia dalam keadaan sedang bertugas. Tak hanya itu, setiap tidur Tjahjo juga selalu mendengarkan lantunan ayat suci Alquran.

"(Pesan terakhir) enggak ada sih, cuma yang saya ingat bapak ingin meninggal dalam tugas. Itu aja sih. Saya belum tahu apa itu firasat-firasat apa. Kita enggak tahu berapa bulan bapak kalau tidur selalu mendengarkan alunan ayat suci, yang biasanya enggak begitu, itu sudah sebulan itu pas mau tidur sampai tertidur sampai pagi," ungkapnya.

"Kebiasaan baru bapak maksud saya. Kalau bangun tahajud dan mendengarkan alunan ayat suci sampai pagi. Itu terakhir yang saya ingat," tutupnya.

Reporter: Delvira Hutabarat

Sumber: Liputan6.com (mdk/noe)

Baca juga:
Sri Mulyani Beri Dukungan Moril ke Istri Tjahjo Kumolo: Semoga Diberi Kesabaran
Istri Ungkap Keinginan dan Kebiasaan Tjahjo Kumolo Sebelum Meninggal Dunia
Jejak Masa Kecil Tjahjo Kumolo di Semarang
Ganjar Kenang Momen Terakhir dengan Thjahjo Kumolo di Acara Pernikahan Adik Jokowi
Tak Lupa Kampung Halaman, Tjahjo Kumolo Pernah Bangun Jalan untuk Warga

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini