Tiba di Tanjung Priok, 679 ABK WNI Kapal MV Westerdam Jalani Pemeriksaan Covid-19

Tiba di Tanjung Priok, 679 ABK WNI Kapal MV Westerdam Jalani Pemeriksaan Covid-19
PERISTIWA | 2 Juni 2020 11:47 Reporter : Ronald

Merdeka.com - 679 Anak Buah Kapal (ABK) Warga Negara Indonesia (WNI) kapal pesiar MV Westerdam dievakuasi dari tengah laut menuju Dermaga JICT-2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (2/6). Evakuasi ini dipimpin oleh Dispenlant3, Komandan Lantamal III Jakarta, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto, selaku Dansatgas.

Kapal pesiar MV. Westerdam berbendera Belanda, sebelumnya dari Philipina kemudian menuju Jakarta dengan menggunakan tunderboat. Evakuasi ini dilakukan pengawasan dan pengamanan langsung oleh Tim Satgas.

Hermanto mengatakan, 679 ABK rata-rata bertempat tinggal di sekitar pulau jawa. Sesampainya didermaga Tim satgas langsung melakukan penyemprotan disinfektan baik terhadap ABK maupun barang bawaan. Terkhusus untuk barang bawaan diwajibkan melewati X-Ray dari Tim Bea Cukai dan juga pemeriksaan oleh K-9/Anjing Pelacak Pom Lantamal III Jakarta.

"ABK kapal pesiar MV. Westerdam berbeda dengan yang sudah dilaksanakan di mana saat ini kita lengkapi dengan Tim Bea cukai untuk meng X-ray barang bawaan mereka agar hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi, selain itu setelah dilakukan penyemprotan disinfektan dan pemeriksaan barang bawaan," kata Hermanto.

Dia mengatakan, para ABK segera dinaikkan ke bus untuk diantar ke hotel guna menjalankan serangkaian pemeriksaan. "Dari ke 679 ABK terdiri 634 pria dan 45 wanita akan di PCR/Swab test di hotel dan seperti biasanya apabila hasil test positif akan dibawa ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran dan bila negative akan diantar melalui pengurusan persyaratan berlakunya PSBB baik di Jakarta maupun ditempat tujuan masing-masing oleh pihak Agen," kata Hermanto.

"Pemeriksaan swab test ini akan lebih akurat hasilnya dibandingkan rapid test, untuk mengetahui hasilnya swab test saat ini antara 2-3 hari saja, baru bisa dipastikan negative atau positif," sambung Dokter Jefri Hasibuan Simbolon yang memimpin tes kesehatan para ABK.

Dalam evakuasi ini hadir pula Wakil Dansatgas Kolonel Marinir Beny Sarana, Dansat Kopaska Armada I Kol Laut (P) Johan, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok Priok AKBP Kurniawan Tandi Rongre, Wakili Deplu Yudha, Syahbandar, KSOP, Imigrasi, Bea cukai dan Pihak Agen Kapal. (mdk/gil)

Baca juga:
Meski Ada Ramadan, Inflasi Mei 2020 Hanya 0,07 Persen
Positif Covid-19, Anak Satpam Usia 12 Tahun di Bali Meninggal
Diselidiki Polda, Lima Daerah di Sumut Ini Diduga Selewengkan Dana Bansos
Solo Bakal Cabut KLB, Tempat Ibadah di Solo Tak Perlu Izin
Jelang PSBB Jakarta Berakhir, Muncul Wacana Pembatasan Lokal
Pemerintah Diminta Pisahkan RS Covid-19 dengan Penyakit Lain Saat New Normal

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Jatim Bersiap Jalani Kehidupan New Normal - MERDEKA BICARA with Khofifah Indar Parawansa

5