Tidak Penuhi Syarat, Satu Pasangan Independen Pilkada Solo Gugur

Tidak Penuhi Syarat, Satu Pasangan Independen Pilkada Solo Gugur
PERISTIWA | 26 Februari 2020 20:52 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Peserta Pilkada Solo 2020 dipastikan berkurang setelah pasangan Muhammad Ali-Achmad Abu Jazid (Alam) yang maju di jalur independen gugur. Hasil penghitungan berkas fisik syarat dukungan oleh KPU Kota Solo menyatakan hanya 14.557 syarat dukungan yang memenuhi syarat. Sedangkan sisanya 24.186 tidak memenuhi syarat (TMS).

"Pada batas akhir, Minggu malam kemarin, pasangan Alam menyerahkan syarat dukungan ke KPU Solo 38.743 e-KTP. Kami langsung melakukan pengecekan berkas dokumen, dan hari ini sudah selesai," ujar Komisioner Divisi Tehnis Penyelenggaraan KPU Solo, Suryo Baruno, Rabu (26/2).

Menurut dia, dengan hanya 14.557 syarat dukungan tersebut, pasangan Abah Ali-Gus Amak dipastikan tidak memenuhi syarat jumlah minimal dukungan calon perseorangan, yakni sebanyak 35.870 e-KTP. Dengan data dukungan ini pembuatan berita acara dituliskan ditolak.

"Hasil ini berarti untuk Pilkada 2020 Solo hanya ada satu calon perseorangan yang syarat dukungannya diterima KPU Solo. Pasangan dimaksudkan adalah Bagyo Wahyono-FX Supardjo atau Bajo.

"Kalau jumlah dukungan memenuhi syarat, selanjutnya akan dilakukan verifikasi administrasi 27 Februari-15 Maret," pungkas dia. (mdk/cob)

Baca juga:
PKS Harap Pilwalkot Solo Jangan Sampai Calon Tunggal
Pantau Politik Uang, Bawaslu Solo Gandeng TNI dan Polri
Muncul Calon Independen, Purnomo Sebut PDIP Selalu Menang di Pilkada Solo
PDIP Solo Akan Kompak Menangkan Calon yang Direkomendasikan DPP di Pilkada
Gibran: Bakal Calon Independen Buat Pilkada Solo Berjalan Dinamis dan Meriah
Maju Pilkada Solo, Pasangan Abah Ali-Gus Amak Serahkan Berkas ke KPU Solo

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami