Tidak Terima Diganti Mulan Jameela, Caleg DPR Ervin Gugat KPU ke PTUN Jakarta

PERISTIWA | 23 September 2019 16:52 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Polemik pemecatan dua kader Partai Gerindra Ervin Luthfi dan Fahrul Rozie, serta penetapan Mulan Jameela sebagai anggota DPR berlanjut. Juru bicara Ervin, Dedi Kurniawan menuturkan pihaknya telah mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta, terkait penggantian anggota DPR yang ditetapkan KPU.

"Keputusan penggantian itu sudah batal demi hukum. Hari ini kami masukan gugatan ke PTUN Jakarta. Kami menggugat KPU yang telah mengubah keputusan hanya berdasarkan surat dari partai," kata Dedi kepada wartawan, Senin (23/9).

Dedi mengatakan bahwa Ervin sudah melakukan persiapan untuk pelantikan sebagai anggota DPR. Ervin seharusnya akan dilantik pada 1 Oktober 2019. Namun rupanya harapan itu kandas karena DPP Gerindra mengeluarkan surat yang isinya posisi Ervin Luthfi digantikan Mulan Jameela.

"Selain sudah melakukan pengukuran baju, Ervin juga sudah Lemhanas dan sudah menghadiri undangan fraksi untuk membahas RAPBN 2020. Tapi malah diganti sepihak," ujar Dedi.

Dedi mengaku menyesalkan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang menyidangkan tuntutan Mulan Jameela bersama sejumlah Caleg Gerindra lain. Dia menyebut bahwa persoalan sengketa Pemilu seharusnya diselesaikan di Mahkamah Konstitusi.

"Celakanya gugatan itu malah dikabulkan pengadilan. Sudah bertentangan dengan undang-undang," lanjutnya.

Dia menjelaskan jika KPU mengabulkan permohonan yang dilakukan Gerindra, maka partai politik lain bisa mengikuti langkah serupa karena beranggapan semua keputusan yang dibuat KPU bisa digagalkan oleh surat dari partai.

"Jadi untuk apa KPU membuat aturan kalau bisa diganti. Untuk apa ada pemilihan kalau ujungnya adalah partai yang menentukan siapa calon yang akan masuk," tuturnya.

Baca juga:
Ketua DPC Gerindra Garut Cuma Sekali Lihat Mulan Jameela Kampanye
KPU Ungkap Alasan Tetapkan Mulan Jameela Jadi Anggota DPR RI Terpilih
Ini Penjelasan Mendagri Terkait Mulan Jameela Gantikan Ervin & Fahrul Rozi di DPR
DPC Gerindra Garut Tidak Tahu Alasan 2 Caleg Dicoret & Mulan Jameela Jadi Anggota DPR
Relawan hingga Simpatisan Gerindra di Garut Tolak Mulan Jameela Jadi Anggota DPR
Tetapkan Mulan jadi Anggota DPR, Gerindra Tegaskan Hanya Ikut Putusan PN Jaksel

(mdk/cob)