Tiga Napi Kasus First Travel Sudah Dipindah ke Lapas Bandung dan Gunung Sindur

PERISTIWA | 19 November 2019 22:05 Reporter : Nur Fauziah

Merdeka.com - Terpidana kasus first Travel sudah dipindahkan dari Rumah Tahanan Kelas 2B Cilodong Depok. Terpidana tersebut adalah Andika Surachman, Anniesa Hasibuan dan Siti Nuraidah dah alias Kiki.

Pemindahan itu sudah dilakukan sejak lama, sebelum rencana lelang aset dilakukan. Anniesa dan Kiki dipindahkan ke Lapas Wanita Kelas 2 A Sukamiskin Kota Bandung tiga bulan lalu.

"Untuk terpidana Annisa dan Kiki Hasibuan, kurang lebih tiga bulan lalu sudah kami pindahkan," kata Kepala Rutan Kelas 2B Cilodong Depok, Bawono Ika, Selasa (19/11).

Sedangkan Andika dipindahkan beberapa Minggu lalu ke Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor. Proses pemindahan ketiganya, dikatakan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (HAM).

"Mereka sudah menjadi narapidana juga, dengan hukuman pidana yang tinggi juga. Sedangkan, kita skalanya Rumah Tahanan (Rutan). Sehingga kita pindahkan," ucapnya.

1 dari 1 halaman

Alasan Pemindahan

Bawono menyebutkan, rutan Depok sudah tidak lagi mampu menampung narapidana yang sudah menjalani maupun tengah menghadapi proses hukum. Dia menegaskan, narapidana yang telah berstatus terpidana dibina langsung oleh Lembaga Pemasyarakatan.

"Kalau di sini terus, akan makin penuh. Kita juga kesulitan untuk memindahkan narapidana lain karena di Lapas manapun sudah penuh. Tapi kalau tidak dipindahin, di sini juga kepenuhan," ucapnya.

Pihaknya telah melaksanakan penahanan dan pemindahan sesuai prosedur. Tidak ada unsur lain yang mendasari pemindahan tersebut.

"Jadi tidak ada unsur lain, ini seluruhnya sesuai prosedur," ucapnya. (mdk/noe)

Baca juga:
MUI Tegaskan Negara Tidak Berhak Merampas Hak Jemaah First Travel
Komisi VIII Sebut Aset First Travel Hak Jemaah, Zalim Jika Dirampas Negara
VIDEO: Melihat Mobil Milik Bos First Travel yang Disita Negara
Pelapor Tolak Aset First Travel: Cuma Rp25 M Tapi Hadapi 63.000 Jemaah
116 Kacamata dan Puluhan Ikat Pinggang Branded Milik Anniesa Hasibuan akan Dilelang
Jaksa Agung Tegaskan Aset First Travel Seharusnya Dikembalikan ke Korban