Tiga Pejabat Dishub Cianjur Kena OTT Saber Pungli

PERISTIWA | 25 Juli 2019 22:39 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Tim Saber Pungli Jabar melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap tiga pejabat dinas perhubungan Kabupaten Cianjur. Penangkapan itu berkaitan dengan Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (KIR).

Pejabat yang terkena OTT tersebut adalah AM selaku Kepala UPTD pengujian Ranmor, NK selaku Bendahara Penerima, dan MH pemungut Penguji Ranmor.

Kepala Tim Penindakan AKBP Basman mengatakan bahwa modus yang dilakukan biasanya meminta pembayaran lebih kepada pemohon KIR dari apa yang sudah ditentukan.

"Ya, kami melakukan OTT terhadap pejabat di Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur," katanya saat dihubungi, Kamis (25/7).

Ia mengaku belum bisa banyak memberikan keterangan. Saat ini ada beberapa langkah yang dilakukan, di antaranya menginterogasi sejumlah pihak.

Adapun yang diinterogasi untuk menggali keterangan dilakukan terhadap ketiga tersangka. Selain itu hal serupa dilakukan terhadap Yandi Rustandi sebagai pencetak kuitansi.

"Masih digali keterangannya," ucapnya.

Dalam OTT, polisi menyita uang tunai Rp11.035.000. Dari jumlah tersebut, diketahui bahwa pungutan seharusnya Rp8.843.100. Dengan kata lain ada selisih kelebihan Rp2.191.900 diduga hasil pungli.

"Pelaku MH SH memungut uang pembayaran lebih dari jumlah yang sebenarnya, bila ada konsumen yang menanyakan alasannya, disampaikan untuk membayar buku KIR," pungkasnya.

Baca juga:
Tertangkap Pungli Pengurusan Sertifikat Tanah, Lurah di Surabaya Dipecat
2 Terdakwa Kasus Pungli Dana Masjid Pascagempa Lombok Dituntut 2 Tahun Penjara
Jokowi akan Kejar dan Hajar Penghambat Investasi serta Pelaku Pungli
Pungli, 3 Pegawai BPKD Pematang Siantar Kena OTT
Muncul Petisi Dukungan untuk Guru Honorer Rumini yang Dipecat Karena Bongkar Pungli
Wali Kota Tangsel Bantah Perintahkan Penyelesaian Kekeluargaan Guru Honorer Dipecat

(mdk/eko)