Tim SAR Evakuasi Anggota Mapala Unsika dari Gua Lele Karawang, 3 Orang Meninggal

Tim SAR Evakuasi Anggota Mapala Unsika dari Gua Lele Karawang, 3 Orang Meninggal
PERISTIWA | 23 Desember 2019 09:36 Reporter : Bram Salam

Merdeka.com - Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi enam anggota Mapala Universitas Karawang (Unsika) yang terjebak di dalam Gua Lele, Kampung Tanah Beureum, RT 03 RW 02, Desa Taman Sari, Kecamatan Pangkalan. Tiga orang meninggal dunia akibat kehabisan oksigen dan tiga orang selamat.

"Tiga orang yang sebelumnya pingsan akhirnya meninggal dunia diduga kehabisan oksigen," kata Kepala BPBD Karawang Asep Wahyu, Senin (23/12).

Proses evakuasi tiga survivor yang selamat dilakukan selama enam jam lebih. Hal ini lantaran tim SAR gabungan mengalami kesulitan. "Evakuasi memakan waktu sekitar enam jam lebih," terangnya.

Kesulitan yang dihadapi tim SAR adalah medan sempit dan jarak dari mulut gua hingga mencapai posisi korban membutuhkan waktu kurang lebih satu jam. Para korban dievakuasi ke RSUD Karawang.

"Kesulitan petugas dalam evakuasi dari mulut gua ke titik korban berada sempit, hingga membutuhkan waktu satu jam," terangnya.

Sebelumnya, 15 mahasiswa dan mahasiswi Unsika melaksanakan giat pengembaraan Gua Lele, Minggu (22/12) sekitar pukul 14.00 WIB.

Tujuh orang turun bergantian ke dalam gua dengan teknik mountaineering menggunakan tali, dikarenakan cuaca hujan deras sehingga air hujan masuk ke dalam gua. Tiga orang yang sudah sampai ke dalam gua akhirnya terjebak.

Korban yang meninggal dunia adalah:

1. Erisa Rifiani Putri (20) asal Kecamatan Gunung Putri, Bogor. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsika, Semester I

2. Alief Rindu Alafah (18) asal Grya Parung Panjang D2/A No 29 RT 03 RW 04, Desa Kabasiran, Kecamatan Parungpanjang, Bogor. Fakultas FKIP Unsika Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Semester I.

3. Ainan Fatimatuzahro (19) asal Desa Bojanegara RT 01 RW 02, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Bajarnegara, Jateng. Fakultas FIKES Unsika, Semester I. (mdk/cob)

Baca juga:
Mayat Pemuda Ditemukan di Kebun Tebu Deli Serdang, Ada Luka Tusuk Pada Tubuh
Jasad Pria Amerika Dalam Freezer Tersimpan Selama 10 Tahun di Rumah Istrinya
Guru SD Ditemukan Tewas Membusuk dalam Rumah Kontrakan di Medan
Pemkot Samarinda Vakumkan PAUD Hilangnya Balita Yusuf
Bocah Ditemukan Bersimbah Darah di Kontrakan Diduga Dibunuh Ayah Kandung
Bocah 5 Tahun di Tangerang Ditemukan Tewas Bersimbah Darah di Kontrakan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami