Tinjau Instalasi Terpusat OTG, Panglima TNI Ingatkan Petugas Tegakkan Disiplin Prokes

Tinjau Instalasi Terpusat OTG, Panglima TNI Ingatkan Petugas Tegakkan Disiplin Prokes
Panglima TNI Marsekal Hadi soal renovasi Museum Satria Mandala. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 22 Juni 2021 17:49 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau instalasi terpusat dengan Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 dan Kelurahan Rorotan di wilayah Cilincing, Jakarta Utara.

Instalasi terpusat dengan OTG merupakan lokasi isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala yang bisa menampung 1.000 tempat tidur. Tepat ini menggunakan Rusun Nagrak.

Pengoperasian tempat itu lantaran pasien Covid-19 terus bertambah dalam beberapa waktu terakhir dan Wisma Atlet di Pademangan sudah tidak bisa menampung pasien lainnya.

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto mengatakan, setibanya di Rusun Nagrak, Panglima TNI, Menkes RI dan Kapolri menerima penjelasan dari Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji dan Kabid Kesmas Dinkes DKI dr Fifi terkait situasi dan kondisi yang berada di Rusun Nagrak.

"Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI mengingatkan kembali agar dalam pelaksanaan PPKM Mikro para petugas selalu mengingatkan dan menegakkan disiplin Protokol Kesehatan serta melaksanakan pemantauan dan melaporkan kasus aktif, pemantauan angka kesembuhan dan kematian, BOR (Bed Occupancy Rate) isolasi serta fasilitas lainnya," ucap Edys dalam keterangan tulis, Selasa (22/6).

Untuk mengatasi lonjakan Covid-19, Panglima TNI di sana menegaskan agar mengoptimalkan PPKM Mikro dan Vaksinasi Nasional harus digencarkan guna mempercepat herd immunity atau kekebalan kawanan. Sehingga program pemerintah ke depan dapat berjalan dengan baik menuju Indonesia bebas Covid-19.

"Selanjutnya, Panglima TNI bersama rombongan menuju Kantor Lurah Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara dan menerima penjelasan dari Kepala Kelurahan Rorotan, Idam Mugabe terkait pelaksanaan PPKM Mikro," ujar Edys.

Menurutnya, dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI menekankan kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk mendirikan Posko Covid-19 demi terlaksananya 4 pilar yang dianjurkan pemerintah.

"Yakni dari Kelurahan setempat, Dinkes, Babinsa dan Bhabinkamtibmas," pungkasnya.

Reporter: Yopi M

Sumber: Liputan6.com (mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami