Tinjau Mangrove Conservation Forest di Bali, Jokowi Tunjukan Komitmen Perubahan Iklim

Tinjau Mangrove Conservation Forest di Bali, Jokowi Tunjukan Komitmen Perubahan Iklim
Momen Ibu Iriana Temani Jokowi Susuri Hutan Mangrove di Bali. ©2021 Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev
NEWS | 2 Desember 2021 13:25 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Mangrove Conservation Forest di Bali, Kamis (2/11). Jokowi akan menunjukkan hutan Mangrove tersebut kepada para pemimpin G20 bahwa Indonesia memiliki komitmen untuk perubahan iklim.

"Kita tunjukan hutan mangrove bersama persemaian mangrove yang nanti akan kita tunjukan bahwa Indonesia memiliki komitmen yang kuat dalam rangka perubahan iklim," kata Jokowi usai meninjau Mangrove Conservation Forest dalam saluran YouTube Sekretariat Presiden, Kamis(2/12).

Jokowi yakin keberadaan hutan mangrove tersebut akan membuat kepala negara yang akan hadir di G20 percaya bahwa Indonesia memiliki komitmen yang baik dalam rangka perubahan iklim.

"Ini akan menunjukkan nantinya keseriusan kita merestorasi hutan mangrove, merehabilitasi hutan mangrove, merestorasi hutan gambut dan merestorasi lahan-lahan kritis yang ada di negara kita. Saya kira komitmen itu yang kita tunjukan secara konkret, real di lapangan dan nanti 20 Kepala Negara yang akan kunjungan ke sini," tegas Jokowi.

Untuk diketahui Indonesia secara resmi menjadi Presidensi G20 mulai 1 Desember 2021. G20 merupakan forum global yang beranggotakan 19 negara dan satu Uni Eropa. Forum yang terbentuk sejak 1999 menyumbang hingga 80 persen Produk Domestik Bruto dunia dan 75 persen ekspor dunia

Jokowi menekankan dirinya tak mau Presidensi Indonesia di G20 2020 hanya sebatas seremonial. Dia mengaku akan mendorong negara-negara G20 untuk melakukan aksi nyata dan menghasilkan terobosan besar.

"Saya ingin Presidensi Indonesia di G20 tidak sebatas seremonial belaka. Indonesia mendorong negara-negara G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata. Indonesia akan terus mendorong negara-negara G20 menghasilkan terobosan-terobosan besar," jelas Jokowi pembukaan Presidensi G20 secara virtual, Rabu 1 Desember 2021.

Selain itu, Indonesia akan terus mendorong negara-negara G20 membangun kolaborasi dan menggalang kekuatan untuk memastikan masyarakat dunia dapat merasakan dampak positif dari kerja sama tersebut.

Jokowi menyampaikan Presidensi G20 Indonesia juga akan digunakan untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan negara-negara berkembang.

"Indonesia berusaha membangun tata kelola dunia yang lebih adil. Indonesia berupaya memperkuat solidaritas dunia mengatasi perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan," katanya. (mdk/lia)

Baca juga:
KLHK Optimis Hutan Mangrove di Bali Bisa Dikunjungi Delegasi G20
Jokowi dan Iriana Terbang ke Bali, Tinjau Fasilitas dan Infrastruktur G20
Awal Lahirnya Ide Sumur Resapan Demi Jakarta Bebas Banjir
Potret Terbaru La Lembah Manah Anak Gibran Rakabuming, Cantik & Lucu Mirip Jan Ethes
Bupati Bogor Berharap Jokowi Resmikan Huntap Korban Bencana Alam 2020

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami