Tinjau Vaksinasi Buruh di Tangerang, Kapolri Harap Pertumbuhan Ekonomi Membaik

Tinjau Vaksinasi Buruh di Tangerang, Kapolri Harap Pertumbuhan Ekonomi Membaik
Kapolri Jenderal Listyo Sigit tinjau vaksinasi massal buruh Tangerang. ©istimewa
NEWS | 29 Juli 2021 21:54 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau vaksinasi massal para pekerja atau buruh yang diselenggarakan oleh PT Ching Luh bekerjasama dengan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dan Polri. Vaksinasi massal ini dimulai sejak 28 Juli 2021 hingga 4 Agustus 2021 mendatang.

Dalam kesempatan itu, Sigit mengatakan, perlunya program vaksinasi ini karena untuk memperkuat proteksi para pekerja dan buruh agar tak terpapar virus Covid-19.

Ia juga menyampaikan kepada para pekerja atau buruh yang tergabung dalam perusahaan sektor esensial dan kritikal diberi kesempatan tetap melakukan produksi, namun dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

"Kita tahu bahwa saat ini rekan-rekan buruh khususnya yang tergabung dalam perusahaan ekspor diberi kesempatan melakukan produksinya dengan mengikuti prokes. Salah satu upaya lain kegiatan agar maksimal dengan melaksanakan program vaksinasi dan diharapkan rekan-rekan memiliki tingkat kekebalan yang lebih tinggi terhadap serangan COVID," kata Sigit di lokasi, Kamis (29/7).

Menurutnya, peran buruh sangat diperlukan untuk sama-sama menanggulangi pandemi Covid-19 di Indonesia, sebagaimana kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah. Mengingat, dalam memerangi virus corona diperlukan sinergitas dan saling bergandengan tangan dengan seluruh stakeholder.

Untuk mencegah dan menekan laju pertumbuhan Covid-19, papar Sigit, seluruh elemen termasuk buruh juga harus melaksanakan protokol kesehatan dengan sangat disiplin.

"Misalnya seperti 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi)," ujarnya.

Dengan adanya program vaksinasi para buruh ini, mantan Kabareskrim Polri ini berharap para pekerja atau buruh dapat bekerja secara maksimal. Sehingga pertumbuhan ekonomi semakin membaik.

"Program ini kita sesuaikan tidak hanya di sini tapi di daerah juga untuk sama-sama melaksanakan akselerasi vaksinasi rekan buruh dan kita harapkan rekan buruh bisa bekerja optimal dan pertumbuhan ekonomi semakin baik," ungkapnya.

Meskipun sudah divaksinasi, dirinya tetap meminta para pekerja atau buruh mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea mengucapkan terima kasih kepada Polri atas kerja sama program vaksinasi tersebut. Ia pun menyampaikan program vaksinasi ini akan dilakukan di daerah-daerah lainnya.

"Terima kasih pak Kapolri. Program ini akan dilakukan di beberapa daerah. Vaksin presisi ini sangat membentuk herd immunity. Salut untuk Polri," ujar Gani.

Adapun total target vaksinasi sebanyak 14.600 orang dengan target vaksinasi harian sebanyak 1.250 orang yang berasal dari masyarakat umum, karyawan PT Victory Ching Luh Pasar Kemis, dan anggota KSPSI.

Total vaksin yang dipersiapkan dalam kegiatan ini sebanyak 19.500 dosis jenis Sinovac yang berasal dari Biddokes Polda Metro Jaya 5.000 dosis, Mabes Polri 5.000 dosis, Pemda Kabupaten Tanggerang 9.500 dosis.

Jumlah vaksinator yang dilibatkan dalam kegiatan ini sejumlah 57 orang yang terdiri dari Polri sebanyak 25 vaksinator dan relawan sebanyak 32 vaksinator. Dalam kegiatan ini juga disalurkan bantuan sosial sebanyak 2.500 paket kepada pekerja atau buruh serta masyarakat umum. (mdk/bal)

Baca juga:
Berdasarkan penelitian, 2 dosis vaksin Sinovac ampuh cegah penularan Covid-19
70 Ribu Dosis Vaksin Moderna Tiba di Sumut dan Diprioritaskan untuk Nakes
Pemkab Sukoharjo Gelar Sentra Vaksinasi untuk Kejar Herd Immunity
Pengunjung Salon dan Restoran Diwajibkan Sudah Divaksin
Dokter Paru Nilai Belum Diketahui Durasi Proteksi Vaksin Untuk Cegah Penularan Covid

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami