Tinjau Wilayah Gempa di Sulbar, Menkes Budi Janji Penuhi Kebutuhan Medis

Tinjau Wilayah Gempa di Sulbar, Menkes Budi Janji Penuhi Kebutuhan Medis
Menkes Budi Tinjau Gempa Sulbar. istimewa ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 17 Januari 2021 14:07 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin berkunjung ke Sulawesi Barat (Sulbar) usai gempa mengguncang daerah tersebut beberapa waktu lalu. Kesempatan kali ini, Menkes Budi mengunjungi RSUD Sulawesi Barat di Mamuju. Kedatangannya untuk memastikan tenaga kesehatan dalam kondisi aman dan pelayanan kesehatan bagi korban gempa terlaksana dengan baik.

Menkes mengatakan, RSUD Sulbar dalam kondisi banyak kerusakan. Kondisi ini disebabkan gempa sehingga banyak pasien yang ditempatkan di luar ruangan.

"Namun terlihat sudah ada tenda yang bagus dan teman-teman tenaga kesehatan dari Makassar juga sudah membantu, juga datang obat-obatan sudah lengkap agar beberapa tindakan operasi bisa dilakukan di sini. Saya berterima kasih pada dokter dan perawat yang sudah mau meluangkan waktu untuk datang ke sini," kata Budi di Sulawesi Barat dikutip dalam keterangan pers, Minggu (17/1).

Budi pun mendengar masukan dan permintaan apa saja yang diperlukan untuk para korban gempa. Dia pun berjanji akan segera mungkin memenuhi kebutuhan tersebut.

"Saya juga sudah menangkap, mendengarkan kebutuhan mereka apa saja. Mudah-mudahan bisa segera kita penuhi agar bisa melayani masyarakat di Mamuju ini dengan sebaik-baiknya," beber Budi.

Dia pun mengajak kepada para dokter di daerah tersebut untuk tetap membantu korban. Sebab hingga saat ini masih dibutuhkan dokter terutama ortopedi.

Budi pun menuturkan bidang kesehatan merespons terkait penanganan gempa yaitu dengan mengaktifkan klaster kesehatan di Kabupaten Mamuju. Para tim ke lokasi pukul 13.00 dengan pesawat Hercules. Kemenkes juga mengirimkan 25 ambulans, 4 tenda peralatan ortopedi, obat-obatan ortopedi, dan logistik kesehatan.

Baca Selanjutnya: Logistik Kesehatan...

Halaman

(mdk/idr)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami