Tips untuk Para Lansia Agar Tetap Produktif di Tengah Virus Corona

Tips untuk Para Lansia Agar Tetap Produktif di Tengah Virus Corona
PERISTIWA | 29 Maret 2020 22:00 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Ketua Aliansi Telemedik Indonesia Pumawan meminta kepada para lansia agar berpikir dan bertindak positif saat diam di rumah. Hal tersebut untuk pencegahan Covid-19 yang rentan tertular.

"Jadi mungkin kita mesti berpikir positif dan bertindak positif. Memang banyak hoaks, ikuti seluruh peraturan pemerintah," kata Pumawan saat siaran teleconference di BNPB, Jakarta Pusat, Minggu (29/3).

Pumawan yang juga berusia 77 tahun, menjelaskan para lansia bisa melakukan banyak hal yang produktif. Misalnya, kata dia, yaitu bercocok tanam, membuat masker, hingga olahraga. Cara produktif tersebut bisa membuat imunitas meningkat.

"Membersihkan rumah, olahraga di rumah. Saya melakukan yoga, pilates, dan plank sepanjang 30 menit dan berjemur. Berjemur bukan yang pagi jam 10, itu bukan mematikan virus tapi menambahkan imunitas," ungkap Pumawan.

Dia juga meminta setelah belanja online selalu dibersihkan terlebih dahulu. Tidak hanya itu, setelah memegang uang atau barang lain hendaklah cuci tangan.

"Agar tidak terinfeksi. Kedua uang cash, kalau saya uangnya disimpan pakai plastik," kata Pumawan.

Kemudian, jika berkomunikasi bersama cucu juga, kata Pumawan, harus hati-hati. Sebab, cucu dengan usia muda rentan menjadi carrier.

"Kalau cucu, cucu itu biasanya tahan tapi jadi carrier. Jadi hati-hati berhubungan dengan cucu. Cuci tangan pakai masker," kata Pumawan. (mdk/did)

Baca juga:
Politikus PKB Dukung Pilkada 2020 Ditunda, Lebih Baik Fokus Lawan Corona
Pulang dari Jakarta, Driver Ojol Jadi PDP Covid-19 di RSDP Serang
IDI Minta Pemprov Jateng Terbuka Soal Sebaran Virus Corona di Wilayahnya
Corona di Kabupaten Bogor: Dua Sembuh, Tiga Positif Covid-19
Jakarta Disarankan Lockdown Mulai dari Tingkat RT
Satu Sembuh, Muncul Lagi Satu Pasien Positif Covid-19 di Riau

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami