Tito Minta Bantuan Komisi II Lobi Kemenkeu Naikkan Alokasi APBN untuk Dana Parpol

PERISTIWA | 28 November 2019 13:31 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Mendagri Tito Karnavian meminta bantuan Komisi II DPR RI untuk melobi Kementerian Keuangan agar menyetujui usulan kenaikan dana bantuan untuk partai politik.

"Kami sudah berunding dengan kemenkeu, masalah dukungan parpol ini. Kami mohon dukungan komisi II juga bisa diperjuangkan agar parpol bisa dapatkan anggaran lebih besar," kata Tito dalam rapat di Komisi II DPR RI, Kamis (28/11).

Tito menjelaskan, kenaikan anggaran ini juga untuk 'menghidupi' partai politik.

"Untuk survivenya operasionalnya parpol. Kami menggunakan prinsip programs follow money. Moneynya sudah disiapkan, Otomatis program dengan output sasaran di 2020 kami akan kerjakan berdasarkan anggaran-anggaran ini," ucapnya.

1 dari 1 halaman

Usulan Kenaikan Dana Parpol

Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo menuturkan, besaran dana bantuan partai saat ini adalah Rp1.000 per suara. Namun belakangan anggota DPR banyak menyarankan agar jumlah itu dinaikkan menjadi Rp2.000-5.000.

Selain itu, Pemerintah pusat melalui Bappneas juga berencana menaikkan dana bantuan mencapai sekitar Rp6 triliun per tahun. Bantuan tersebut akan direalisasikan pada 2023.

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com (mdk/noe)

Baca juga:
3 Syarat yang Harus Dipenuhi Mendagri Sebelum Mengelompokkan Ormas di Indonesia
PBNU: Mendagri Tidak Perlu Kelompokkan Ormas
Johan Budi Ingatkan Mendagri Hati-Hati Dalam Anggaran E-KTP
Mendagri Tito Karnavian Hadiri Rapat Kerja di Parlemen
Duit Blanko e-KTP Kurang, Kemendagri Minta Pergeseran Anggaran

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.