TNI AL dan AU Selidiki Prajurit Terlibat Tenggelamnya Kapal Angkut PMI Ilegal

TNI AL dan AU Selidiki Prajurit Terlibat Tenggelamnya Kapal Angkut PMI Ilegal
ilustrasi garis polisi. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 29 Desember 2021 17:57 Reporter : Ronald

Merdeka.com - TNI AL menyelidiki adanya keterlibatan prajurit dalam peristiwa tenggelamnya kapal yang mengangkut Pekerja Migran Indonesia (PMI) di perairan Tanjung Baru, Johor Malaysia. Temuan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) puluhan orang meninggal dalam peristiwa tersebut.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono menyampaikan, jika memang nantinya ada prajurit TNI AL yang terlibat sesuai tuduhan Kepala BP2MI Beny Rhamdani, maka akan diberi sanksi tegas. Namun saat ini masih dalam penyelidikan.

"Prinsip bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono sangat tegas, bagi anggota yang melakukan pelanggaran harus diberikan hukuman, untuk menimbulkan efek jera, dan pembelajaran bagi yang lain," katanya dalam siaran pers yang diterima, Rabu (29/12).

Lebih lanjut ia tak dapat menyampaikan apapun. Menurutnya kasus ini masih didalami.

"Saat ini kita masih melaksanakan koordinasi dan melakukan penyelidikan terkait tuduhan tersebut. Jika ada anggota TNI AL yang terlibat dalam insiden ini, maka akan ditindak tegas," katanya.

Hal senada pun disampaikan oleh Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah. Ia mengaku hingga kini masih terus melakukan pendalaman secara serius terkait informasi dari BP2MI.

"Sesuai instruksi pimpinan TNI AU, kami masih melakukan pendalaman dengan berkoordinasi dengan semua stake holder, untuk menggali dan mengembangkan informasi lebih lanjut agar masalahnya lebih jelas," katanya.

Menurutnya, bila dalam perkembangannya terbukti memang ada oknum prajurit TNI AU yang terlibat dalam proses pengiriman TMI ilegal. "Maka dipastikan TNI AU akan memberikan sanksi hukum tegas sesuai aturan yang berlaku," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, bahwa beberapa hari lalu, tersiar kabar, tenggelamnya kapal boat yang membawa puluhan TMI ilegal di perairan Johor Malaysia. Insiden tersebut mengakibatkan puluhan jiwa meninggal, dan puluhan lainya belum ditemukan. Sementara belasan TMI lainnya dapat diselamatkan.

(mdk/rhm)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini