TNI AU soal perusakan pos: Warga tak terima ditegur, tonjok prajurit

PERISTIWA | 12 Februari 2017 11:12 Reporter : Faiq Hidayat

Merdeka.com - Pos TNI AU di Ujung Genteng, Sukabumi, dirusak warga pada Sabtu (11/2) kemarin. Perusakan itu buntut dari cekcok seorang prajurit TNI AU, Pratu Oka Presetyo dengan warga ketika mereka berselisih paham sama-sama melintasi di jalanan becek.

"Pukul 18.00 Wib, anggota yang bertugas di Pos Ujung Genteng atas nama Pratu Oka Prasetyo, pada saat melaksanakan patroli di seputaran Pos TNI AU Ujung Genteng, melintas sepeda motor yang dikendarai oleh salah satu warga setempat. Kemudian melewati kubangan air di jalan dan Pratu Oka Prasetyo terkena cipratan air tersebut," terang Kadispenau Marsekal Pertama Jemmi Trisonjaya, dalam pesan singkatnya kepada merdeka.com, Minggu (12/2).

"Kemudian Pratu Oka Prasetyo menegurnya. Karena merasa tidak terima ditegur oleh Partu Oka Prasetyo, yang bersangkutan menghentikan kendaraannya lalu menonjok muka Pratu Oka Prasetyo," jelas dia.

Setelah itu, warga tersebut pergi. Pratu Oka sempat mendatangi rumah warga tersebut dan meminta maaf. Kebetulan rumah warga tersebut tidak jauh dari pos TNI AU tempat Pratu Oka bersama lima orang temannya bertugas.

"Dan bertemu dengan orang tuanya dan meminta maaf kepada orangtuanya, selanjutnya Pratu Eko Prasetyo kembali ke Pos TNI AU Ujung Genteng," kata dia.

Namun ternyata, masalah belum dianggap selesai. Sebanyak 400 masyarakat Ujung Genteng mendatangi pos tersebut. Mereka tak terima warganya dipukuli.

"Kemudian secara bersama-sama melakukan perusakan terhadap kedua bangunan Pos TNI AU yang berada di Ujung Genteng," papar Jemmi.

Mendapat laporan adanya kerumunan massa di pos TNI AU, Kapolsek Ciracap beserta anggota melakukan pengamanan TKP serta melakukan pendekatan dan mengimbau agar warga kembali ke rumahnya masing-masing.

"Pukul 21.15 WIB situasi mulai reda dan warga sudah kembali ke rumahnya masing-masing," katanya.

Akibat peristiwa itu, dua bangunan pos TNI AU Ujung Genteng rusak berat. Sedangkan Pratu Oka Prasetyo masih dirawat di Puskesmas Gunung Batu Ujung Genteng untuk mendapatkan penanganan medis. (mdk/lia)

Kronologis prajurit AU pukul warga hingga berujung perusakan pos TNI

Pos TNI AU di Sukabumi dirusak warga

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.