TNI Kerahkan Hercules dan Helikopter Angkut Pengungsi Kembali ke Wamena

PERISTIWA | 9 Oktober 2019 14:24 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan terus mengerahkan beberapa pesawat Hercules dan Helikopter untuk mendukung dan memfasilitasi seluruh pengungsi yang akan kembali ke Wamena. Kondisi di Wamena sendiri sudah mulai berangsur kondusif.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ingin, para pengungsi yang masih berada di Lanud Silas Papare dapat kembali ke rumah tempat tinggalnya di Wamena. Untuk itu, TNI akan memfasilitasi para pengungsi yang akan kembali ke Wamena.

"Alutsista yang digunakan untuk mendukung pengungsi adalah Hercules C-130 dan Helikopter milik TNI," kata Hadi dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (9/10).

Ia menyebut, TNI juga menyiapkan tiga Hercules di Jayapura yang digunakan untuk mengangkut pengungsi yang berada di Jayapura untuk kembali ke Wamena.

"Untuk pengungsi yang berada di Ilaga akan kita gunakan Helikopter, dimana nanti akan berangkat dari Timika. Sedangkan yang berada di Merauke akan kita dukung Hercules untuk kembali ke Wamena," sebutnya.

Hadi menegaskan, TNI-Polri akan tetap menjaga stabilitas keamanan di wilayah Wamena termasuk juga yang berada di Oksibil serta Ilaga dengan melakukan penambahan pos pengamanan sesuai permintaan dari beberapa tokoh masyarakat.

Baca juga:
Ratusan Pengungsi di Jayapura Kembali ke Wamena Menumpang Hercules
Cerita Perantau Trauma Kembali ke Wamena usai Tempat Usaha Ludes Dibakar Massa
Selain Temui Pengungsi, Kapolri & Panglima TNI Bakal Tinjau Arena PON XX di Timika
Pemerintah 'Tancap Gas' Pulihkan Wamena
Polri Sebut Situasi di Wamena Papua Sudah Kondusif
SETARA Institute Bandingkan Jokowi dan SBY Soal Konflik di Papua

(mdk/eko)