TNI Siap Amankan Pilkada Serentak Hingga PON 2020 di Papua

TNI Siap Amankan Pilkada Serentak Hingga PON 2020 di Papua
PERISTIWA | 29 Januari 2020 10:42 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebutkan, ada beberapa agenda yang dibahas dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI 2020, di Cilangkap, Jakarta Timur. Salah satunya TNI akan siap siaga dan senantiasa waspada terhadap gejolak politik yang mengancam stabilitas keamanan di Indonesia.

"Terkait agenda nasional yang terkait dengan tugas-tugas TNI yaitu Pilkada serentak 2020, di Papua kerawanan-kerawanan wilayah maupun meningkatnya suhu politik dapat berimplikasi jadinya konflik di tengah-tengah masyarakat," katanya di lokasi, Rabu (29/1).

Selain itu, katanya, TNI akan mempertebal pengamanan empat venue penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua.

"Pengamanan PON XX 2020 di Papua, TNI juga siap berikan pengamanan untuk suksesnya PON 2020 dengan mempertebal (pasukan pengamanan) di beberapa tempat karena akan dilaksanakan di empat venue yakni di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke," ujar Hadi.

1 dari 1 halaman

TNI juga akan memperkuat Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB). Pasukan ini akan mengantisipasi bencana seperti banjir, tanah longsor hingga kemarau panjang.

"Semua sudah direncanakan baik. Termasuk antisipasi apabila terjadi hujan lebat antisipasi banjir, tanah longsor dan apabila juga terjadi kemarau panjang yang diprediksi BMKG, kita juga telah mempersiapkan paling tidak kita perkuat PRCPB yang mampu melaksanakan tugas di dua trouble spot sesuai dengan ketentuan alutsista yang kita miliki bekerja sama dengan BNPB," kata Hadi.

Hadi memastikan TNI siap mendukung dan mengerahkan prajurit untuk membantu Polri dalam menjaga keamanan negara.

"Sesuai dengan apa yang saya sampaikan kemarin bahwa TNI akan mendukung tugas polri dalam rangka pengamanan pelaksanaan pilkada serentak 2020, dan kebetulan diikuti oleh 270 kota kabupaten provinsi, dan semuanya sudah terencana sesuai dengan hasil rapat pimpinan TNI-Polri yang dilaksanakan kemarin," pungkas Hadi. (mdk/gil)

Baca juga:
Buka Rapim, Panglima Bahas Satuan Baru untuk TNI Lebih Maju
VIDEO: PON dan Pilkada Serentak 2020 Jadi Agenda Rapim TNI-POLRI
Panglima TNI Ingatkan Prajurit Dilarang Berpolitik Praktis di Pilkada 2020
Panglima TNI: Jangan Bangga dengan Keberhasilan Masa Lalu Sehingga Terjebak
Filosofi Kopi Ala Kapolri Idham Azis di Rapim TNI-Polri
Potret Alugoro, Kapal Selam Canggih Buatan Indonesia

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Alur BLT Dana Desa Hingga ke Tangan Warga - MERDEKA BICARA with Mendes Abdul Halim Iskandar

5