TNI Siapkan Penyelam Taifib Marinir untuk Evakuasi Awak KRI Nanggala-402

TNI Siapkan Penyelam Taifib Marinir untuk Evakuasi Awak KRI Nanggala-402
kronologi penemuan KRI Nanggala 402. ©2021 Merdeka.com/youtube.com
PERISTIWA | 26 April 2021 16:30 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono mengatakan, telah mengirimkan Pasukan Khusus dari Satuan Intai Para Amfibi Marinir (Taifib) Korps Marinir TNI AL untuk mengevakuasi awak KRI Nanggala 402 yang dinyatakan tenggelam di perairan Bali.

"Kami mengirimkan Pasukan Khusus dari Satuan Intai Para Amfibi Marinir atau Taifib Korps Marinir TNI AL," kata Suhartono dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/4).

Menurut Suhartono, pihaknya juga telah mendirikan Posko Satgas SAR Korps Marinir di Dermaga Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi pada Minggu 25 April 2021.

"Juga telah menyiapkan prajurit terbaik untuk keperluan proses evakuasi para prajurit TNI AL yang gugur pasca tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 di perairan Utara Bali," ujar dia.

Dia mengatakan, 28 personel terbaik Taifib 2 Marinir TNI AL yang dibekali peralatan pendukung evakuasi korban kapal selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam bakal melakukan operasi tersebut. Sejauh ini koordinasi masih terus dilakukan bersama pihak terkait.

"Saya Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono selaku Komandan Korps Marinir beserta seluruh prajurit menyampaikan rasa duka cita yang sangat mendalam atas gugurnya seluruh awak kapal selam KRI Nanggala-402," tandas dia.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan kabar duka terkait tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402. Dia menuturkan, seluruh awak yang berada dalam kapal selam tersebut meninggal dunia. Berdasarkan informasi, ada 53 orang yang berada di dalam KRI Nanggala 402.

"Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala 402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur," tutur Hadi dalam konferensi pers di Badung, Bali, Minggu (25/4).

Reporter: Nanda Perdana Putra
Sumber: Liputan6.com (mdk/gil)

Baca juga:
Buat Komentar Lecehkan Istri Awak KRI Nanggala 402, Pria di Medan Ditangkap
Propam Polda DIY Periksa Aipda FI Soal Komentar di Medsos Terkait KRI Nanggala-402
MUI Sebut Awak KRI Nanggala 402 Insyaallah Syuhada
Menhan Prabowo Akan Beri Beasiswa ke Anak Prajurit KRI Nanggala 402 Hingga Sarjana
Ketua MPR Minta Pemerintah Evaluasi Kondisi Seluruh Alutsista, Jangan Beli Bekas Lagi
Jokowi: 53 Prajurit KRI Nanggala-402 Patriot Terbaik Penjaga Kedaulatan Negara

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami