Tokoh Banggai Haji Amir Bagikan Masker dan APD Bantu Perangi Corona

Tokoh Banggai Haji Amir Bagikan Masker dan APD Bantu Perangi Corona
PERISTIWA | 8 April 2020 15:04 Reporter : Randy Ferdi Firdaus

Merdeka.com - Pandemi global virus Corona yang menyerang Indonesia membuat semua pihak bergerak turun membantu. Bukan cuma di Jakarta, sebagai epicentrum terbesar pergerakan Covid-19, tokoh masyarakat di daerah pun ikut turun tangan.

Haji Amir misalnya, salah satu tokoh masyarakat dan pengusaha terkenal di Kabupaten Banggai. Pria bernama lengkap Amirudin Tamoreka turut memberikan bantuan dan perhatian terhadap masyarakat di Kabupaten Banggai.

Haji Amir, menyadari seluruh masyarakat harus solid untuk melindungi diri sendiri untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Dengan begitu, penyebaran virus tersebut bisa terhambat.

Khususnya para tenaga medis, TNI dan Polri yang menjadi garda terdepan memberantas virus mematikan tersebut.

"Sumbangan kami sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat Kabupaten Banggai dan membantu pemerintah serta teanga medis yang berjuang untuk kita," cerita Haji Amir, Rabu (8/4).

Meskipun hingga Selasa (7/4) belum ada kasus ditemukan di Banggai, Haji Amir melakukan langkah antisipasi. Dia menyiapkan bantuan medis berupa 350 set alat pelindung diri, 1.700 buah handscoon, 7.000 botol hand sanitizer, 12.000 pcs masker, 8.000 botol sabun cair.

Penyerahan bantuan APD ini diberikan kepada kepada RSUD Kabupaten Banggai. Kata dia, bantuan seperti ini harus diterima tulus dan mesti melepaskan kepentingan politik. "Marilah kita sama-sama bergandengantangan melawan pandemi ini," katanya.

"Semoga bantuan kami dapat bermanfaat untuk mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Banggai," ujar Haji Amir.

1 dari 2 halaman

Haji Amir memberikan sejumlah pesan kepada masyarakat. Pertama, beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar mendapat perlindungan dari wabah Corona. Kedua, tetap tenang dan jangan panik, selalu waspada dan jangan menganggap remeh.

"Ketiga, rajin berolahraga, menjaga kesehatan dan kebugaran agar stamina tubuh tetap prima dan sistem kekebalan tubuh meningkat," katanya.

Keempat, sering mencuci tangan dengan benar secara teratur menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer sebelum dan sesudah beraktivitas.

Kelima, selalu menggunakan masker, saat beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum, selalu menjaga jarak aman minimal 1 meter ketika berkomunikasi antar individu.

Keenam, konsumsi makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah serta tetap tinggal di rumah dan jangan berpergian kecuali untuk keperluan mendesak atau darurat.

Ketujuh, berperilaku hidup bersih dan sehat, bila mengalami gejala seperti batuk, flu, atau sesak nafas, segera ke fasilitas kesehatan.

"Kedelapan, selalu pantau perkembangan penyakit corona/Covid-19 dari sumber resmi dan akurat. Serta patuhi semua anjuran dari tim gugus tugas pencegahan Covid-19 Kabupaten Banggai," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Selain memberikan bantuan alat medis, Haji Amir juga memberikan 500 paket sembako untuk keluarga tidak mampu. Harapannya, bantuan sembako ini bisa meringankan sedikit beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Pemberian sembako ini masih tahap awal, masih ada untuk tahap selanjutnya.

Warga Kecamatan Batui, Kabupaten Bangga, Fahrudin L Mappatunru terharu menerima bantuan dari Haji Amir ini.

"Alhamdulillah. Masyarakat Kabupaten Banggai sangat berterima kasih dan merasa terharu atas kepedulian Haji Amirudin Tamoreka," kata Fahrudin.

Katanya, Haji Amir adalah putra daerah yang sangat dikenal sebagai tokoh masyakarat dan pengusaha sukses Kabupaten Banggai. "Haji Amir tak tinggal diam menanggapi maraknya penyebaran virus ini," ujarnya. (mdk/rnd)

Baca juga:
Bikin Heboh, Warga Jagakarsa Temukan APD dan Sarung Tangan di Selokan
Ombudsman: Pembiaran Terhadap Kelangkaan Masker dan APD Maladministrasi
Penjualan Masker Kain Meningkat di Tengah Pandemi Corona
Cegah Virus Corona, Ini 4 Cara Kelola Sampah Masker Medis yang Benar dan Aman
Turki Bagikan Masker Gratis untuk 82 Juta Penduduk, Diantar Tukang Pos
Mulai 12 April, Penumpang di Jember Tidak Pakai Masker Dilarang Naik Kereta
Kabareskrim Minta Dinkes Dampingi UMKM Produksi Masker
Beli Masker Senilai Rp36 Juta Lewat Online, Warga Palembang Malah Dikirim Batu Bata

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Putar Otak Bisnis Ritel Hadapi Corona

5