Tower 8 Wisma Atlet akan Dibuka untuk Isolasi Pasien Covid-19

Tower 8 Wisma Atlet akan Dibuka untuk Isolasi Pasien Covid-19
PERISTIWA | 26 September 2020 06:32 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 akan membuka Tower 8 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan. Tower ini juga diperuntukkan bagi masyarakat terinfeksi virus SARS-CoV-2 yang tidak memiliki tempat isolasi layak sesuai protokol kesehatan.

"Sedang kita siapkan (Tower 8) untuk menerima pasien OTG," kata Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo dalam Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) dan Kementerian/Lembaga (K/L) di Kawasan Wisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau, Jumat (25/9) malam.

Menurut Doni, penyediaan Tower 8 sekaligus mendukung upaya pelacakan, pengetesan dan pengobatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Di sisi lain, langkah tersebut merupakan arahan Presiden Joko Widodo setelah ditemukan sebanyak tujuh persen kasus baru masyarakat yang terinfeksi Covid-19 adalah mereka yang tidak pernah keluar rumah.

Artinya, klaster keluarga juga harus diantisipasi dan menjadi perhatian bersama, terutama bagi perawatan anggota keluarga yang tidak memiliki tempat isolasi sesuai standar protokol kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama, Doni melaporkan bahwa hampir 100 persen pasien Covid-19 bergejala ringan maupun OTG yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran sembuh total. Pencapaian tersebut diklaim tak lepas dari peran Kementerian/Lembaga terkait yang didukung oleh TNI/Polri dan instansi serta organisasi terkait lainnya.

"Hampir 100 persen pasien-pasien yang bergejala ringan itu sembuh total. Jadi langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh tim gabungan dari kementerian kesehatan dan didukung oleh TNI dan lembaga lainnya termasuk organisasi profesi ini satu hal yang bagus sekali," jelas Doni.

Selain itu, berdasarkan laporan data yang diterima Doni Monardo, jumlah pasien yang masuk di ruang ICU di seluruh Rumah Sakit (RS) di Jakarta termasuk di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet mengalami penurunan hingga 70 persen.

"Mengalami penurunan. Hari ini berada pada posisi 70 persen," terang Doni.

Sebagai informasi, menurut data per Jumat (25/9), jumlah tempat tidur yang telah terisi di Tower 4 Wisma Atlet adalah sebanyak 1.004 atau 64,94 persen dari total kapasitas 1.546. Untuk Tower 5 telah terisi sebanyak 1.118 pasien atau 71,2 persen dari jumlah total kapasitas sebanyak 1.570 tempat tidur.

Sedangkan untuk pembukaan Tower 8 akan memiliki kapasitas sebanyak 1.548 tempat tidur untuk isolasi mandiri. (mdk/cob)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami