Transkrip Lengkap Kapolda Jateng Soal Ledakan di Sukoharjo

Transkrip Lengkap Kapolda Jateng Soal Ledakan di Sukoharjo
Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi. ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo
NEWS | 25 September 2022 22:36 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Ledakan yang terjadi di asrama Polri Arumbara, Jalan Larasati Nomor AA 12, Desa Telukan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo berasal dari bahan petasan, Minggu (25/9).

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menegaskan, bahwa tidak ada unsur teror dalam peristiwa yang menyebabkan seorang anggota Polri Bripka Dirgantara Pradipta terluka.

Berikut transkrip lengkap Luthfi di Polsek Grogol, Sukoharjo:

Ledakan terjadi Minggu (25/9) pukul 18.20 WIB, di pekarangan kosong sebuah rumah anggota Brimob. Hasil olah TKP yang dilakukan oleh Jibom telah ditemukan bubuk hitam yang diduga adalah bahan petasan.

Jadi bubuk hitam kita temukan dua kantong plastik dengan ukuran satu ons, empat bungkus plastik kosong, sisanya residu. Kemudian ada uceng atau sumbu petasan. Berdasarkan hasil pengembangan penyidikan sementara bahwa paket itu benar datangnya dari Indramayu yang dipesan tanggal 22 April 2021.

Pemesannya adalah CV Mandiri Sujono Indramayu. Mereka sudah diamankan di Polres Indramayu. Sedangkan penerima paket berinisial A di wilayah Klaten, sudah diamankan di Polresta Surakarta.

2 dari 4 halaman

Anggota yang hari ini menjadi korban pernah melakukan razia satu tahun yang lalu terkait paket pesanan online. Dalam paket tertulis bubuk hitam yang diduga petasan. Disebutkan sebagai bahan untuk mengusir tikus di wilayah Klaten.

Kita pastikan bahwa ledakan di wilayah Sukoharjo tidak ada unsur teror. Namun hanya kelalaian anggota yang menyebabkan bahan itu meledak.

Nanti kalau sudah kita periksa. Tetapi anggota yang lain sudah kita periksa, benar pada saat itu di daerah Jurug Solo dilakukan operasi COD pengiriman pengiriman bahan bubuk hitam yaitu bahan mercon.

Nanti penyidikan lengkap besok akan kita rilis secara konprehensif terkait dari INAFIS maupun Lapfor dan pemeriksaan dua saksi lainnya.

Ini hanya informasi awal. Masyarakat tidak usah resah. Ini tidak ada unsur teror sama sekali. Bahwa ini benar pemesanan online terkait dengan bahan bubuk hitam dari Indramayu sudah kita amankan. Penerimanya sudah kita amankan, anggota yang mengamankan operasi sekarang yang menjadi korban belum kita lakukan pemeriksaan.

3 dari 4 halaman

Hasil pengamanan dan penyidikan sementara yang hari ini kita lakukan, dan malam ini kita selesaikan semuanya tuntas.

Tetapi dua orang anggota lainnya sudah kita lakukan pemeriksaan bahwa itu barang bukti tahun 2021 sebelum lebaran, di registernya Polresta bener ada pengamanan.

Kondisi korban 70 persen luka bakar kemudian kakinya ada luka terbuka, tapi kita belum cek. Habis ini kita cek kondisi korban.

Yang bawa adalah online ya paket, penerimanya Mister A orang Klaten yang mengirim CV Mandiri atas nama S sudah diamankan di Polres Indramayu yang ngirim.

4 dari 4 halaman

Pemeriksaan awal, penerima paket mengatakan bahwa sumbu kembang api atau black powder untuk ngusir tikus itu.

Anggota Polresta Surakarta diduga lalai atau salah prosedur. Nanti kalau sudah sadar kita periksa. Saya benarkan bahwa ledakan itu bukan di rumah, bukan di asrama tetapi di halaman kosong. Entah anggota itu inisiatif dibakar atau dibuang saya tidak tahu. Nanti kita dalami setelah anggota itu sudah sadar.

Pengirimannya 22 April 2021, sudah lama. Paketnya sampai di sini hampir lebaran. Jadi satu paket sudah meledak dan satu paket ini yang belum, nah ini yang belum.

Kemungkinan paket tersebut dibawa pulang ke rumah, nanti kalau sudah sadar kita periksa anggota.

Baca juga:
Dua Polisi Diperiksa Terkait Ledakan Petasan di Sukoharjo
Penampakan Kardus Picu Ledakan di Asrama Polisi: Tertulis Paket Sumbu Petasan
Kapolda Jateng: Ledakan di Sukoharjo Tidak Ada Unsur Teror, hanya Kelalaian Anggota
Ledakan di Sukoharjo Berasal dari Bahan Petasan, Dua Orang Diamankan
Paket Kardus Coklat dan Serpihan Ledakan Diamankan dari Asrama Polisi Sukoharjo
Kesaksian Warga Saat Ledakan Asrama Polisi Grogol Polres Sukoharjo: Jendela Bergetar
Begini Kondisi Polisi yang Terkena Ledakan di Asrama Sukoharjo


Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini