Transportasi Daring Paling Diminati Orang Bepergian di Jabodetabek

Transportasi Daring Paling Diminati Orang Bepergian di Jabodetabek
PERISTIWA | 6 Agustus 2020 07:31 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Transportasi daring menjadi pilihan orang yang bepergian menggunakan kendaraan umum di kawasan Jabodetabek. Setidaknya ada tiga alasan mengapa orang yang bepergian atau komuter memilih transportasi daring.

Peneliti dari Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB), Yos Sunityoso mengatakan, alasan masyarakat memilih transportasi daring adalah keterjangkauan, kenyamanan perjalanan melewati kemacetan dan akses yang mudah untuk menuju atau pergi dari titik penjemputan di stasiun ataupun halte.

"48 persen dari responden menggunakan layanan daring sebagai bagian dari perjalanan multimoda mereka," katanya seperti dilansir dari Antara, Rabu (3/8).

Hasil tersebut diketahui usai melakukan penelitian terkait peranan transportasi daring untuk pengguna transportasi massal. Penelitian ini melibatkan sebanyak 5064 responden, sebanyak 2420 responden mengakui memilih transportasi daring sebagai kendaraan perantara sebelum atau pun sesudah menggunakan transportasi umum seperti mikrolet, bus atau kereta.

Dari 2420 responden yang menggunakan transportasi daring atau istilah lainnya ride hailing, Yos mengatakan, sebanyak 96 persen atau 1.256 orang memilih menggunakan ojek daring.

Untuk itu, Yos menyebutkan salah satu rekomendasi baik bagi penyedia jasa layanan transportasi umum dan transportasi daring, yakni saling berbagi informasi untuk dapat meningkatkan kualitas layanan integrasi antarmoda dan berpeluang menghasilkan pelanggan baru.

"Platform transportasi daring juga dapat mendorong penumpang untuk menggunakan transportasi massal, dengan memberikan informasi seperti stasiun atau halte terdekat ataupun opsi transportasi umum termurah dan rute transportasi daring," tutupnya. (mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami