Trend Kasus Positif Covid-19 di Sumsel Mulai Terjadi Penurunan

Trend Kasus Positif Covid-19 di Sumsel Mulai Terjadi Penurunan
PERISTIWA | 3 Juni 2020 23:47 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Penambahan kasus positif Covid-19 di Sumatera Selatan mulai terjadi penurunan. Warga tetap diimbau mematuhi protokol kesehatan terlebih masih berlangsung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di dua kota di provinsi itu.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumsel Yusri mengungkapkan, hari ini terdapat sepuluh pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga total ada 1.029 kasus di Sumsel. Pasien positif itu dua di Palembang, lima dari Banyuasin, dua dari Musi Rawas, dan satu dari Ogan Komering Ulu Selatan.

"Meski masih ada penambahan, tapi trend kasus positif Covid-19 di Sumsel mulai ada penurunan dibanding beberapa hari lalu," ungkap Yusri, Rabu (3/6).

Dalam catatannya, angka tertinggi penambahan kasus terjadi pada 25 Mei 2020 yang berjumlah 76 orang. Kemudian menurun dua hari kemudian sebanyak 47 kasus dan kembali turun keesokan harinya berjumlah 26 kasus.

Selang sehari, penurunan kembali terjadi di angka 12 kasus dan sepuluh orang pada 30 Mei 2020. Pada 1 Juni 2020 cenderung bertambah menjadi 13 orang dan naik kembali menjadi 24 orang pada 2 Juni 2020.

"Total memang sudah seribuan kasus, tapi dilihat dari angka cukup baik, angkanya tidak terlalu besar dan cenderung turun," ujarnya.

Dikatakannya, penambahan kasus positif semuanya dari hasil tracing orang-orang yang kontak erat dengan pasien sebelumnya. Kasus sembuh masih terus terjadi dibuktikan hari ini bertambah dua orang sehingga total 226 pasien. Kabar baiknya lagi, beberapa hari terakhir tidak terjadi penambahan kasus kematian.

"Sekarang masih ada 3.162 sampel yang diperiksa, mudah-mudahan hasilnya negatif sehingga kita bisa cepat memutus rantai penularan," kata dia.

Meski secara angka terjadi penurunan kasus, Yusri mengimbau warga tetap mengikuti protokol kesehatan. Sebab, pandemi Covid-19 belum berakhir sehingga masih rentan terjadi penyebaran karena banyaknya orang yang masuk dalam kategori tanpa gejala.

"Pertahankan hidup disiplin yang sudah menjadi kebiasaan, selalu pakai masker ketika keluar rumah, rajin cuci tangan, hindari keramaian dan tentunya menjaga jarak," katanya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Insentif Tenaga Medis di 2 RS Corona Telah Cair Rp 10,45 Miliar
DPR dan Pemerintah Sepakati Perubahan Anggaran Pilkada 2020 saat Pandemi Covid-19
Banyak Warga Minta Isolasi, Pemprov Tambah 3 Tower Wisma Atlet Jadi Rumah Sehat
5 ASN Terkonfirmasi Covid-19, Pemkot Solo Lakukan Tes Swab ke Ratusan Orang
Menaker Ida Dorong Pengusaha Susun Perencanaan Keberlangsungan Usaha
Tertinggi Kasus Corona di Jatim, Warna Surabaya Menghitam

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Putar Otak Bisnis Ritel Hadapi Corona

5