Trik Pemkot Tarakan Tingkatkan Ekonomi di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Trik Pemkot Tarakan Tingkatkan Ekonomi di Era Adaptasi Kebiasaan Baru
Wali Kota Tarakan Khairul. ©2020 Merdeka.com
NEWS | 19 Agustus 2020 10:44 Reporter : Haris Kurniawan

Merdeka.com - Selain menghindari gelombang kedua Covid-19, fokus yang tengah dilakukan Pemkot Tarakan ialah peningkatan ekonomi di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Berbagai langkah penyelamatan ekonomi masyarakat telah dilakukan selama proses Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan hal itu akan berlanjut.

"Pertama kami selama 5 bulan mulai Maret hingga Juli untuk sektor hotel dan UMKM kita berikan insentif pembebasan pajak daerah. Tentu dengan permohonan. Tujuannya agar mengurangi beban mereka dan mereka bisa survive," jelas Wali Kota Tarakan Khairul.

Tidak hanya itu, lanjut Khairul, Pemkot Tarakan juga mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat Kota Tarakan untuk membeli dan menggunakan produk lokal. Tujuannya, agar usaha- usaha masyarakat bisa terus berlanjut di masa pandemi.

"Contoh kemarin, stok ayam banyak karena restoran dan warung tutup, akhirnyakita beli dan bagikan ke masyarakat untuk dibagikan satu paket dengan sembako. Produk UMKM lokal mulai dari batik misalnya, kita minta dipakai batik khas Tarakan yang diproduksi UMKM sehingga mereka terbantu. Karena pariwisata sedikit, kita di Pemda juga menganggarkan untuk membeli produk mereka," katanya.

"Untuk sektor transportasi seperti ojek online, kita manfaatkan untuk mengantar bansos sekaligus tim verifikasi penerima bansos. Jujur kami tidak sempat memverifikasi, karena butuh waktu lama sementara masyarakat butuh cepat. Nah kita manfaatkan ojek online. Kalau penerima bantuan sosial tidak sesuai, maka akan dikembalikan ke kelurahan."

"Untuk sektor perhotelan kita wajibkan para pelaku perjalanan dari luar daerah untuk karantina mandiri di hotel/losmen/penginapan. Sehingga, hotel/losmen/penginapan masih bisa survive selama masa PSBB dan sampai era new normal life," terangnya. (mdk/hrs)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami