Truk Terjebak Lumpur, 3 Pencuri 3 Ton Buah Sawit di OKU Ditangkap

Truk Terjebak Lumpur, 3 Pencuri 3 Ton Buah Sawit di OKU Ditangkap
Ilustrasi borgol. ©2015 merdeka.com/arie basuki
PERISTIWA | 22 April 2021 22:05 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Tiga dari lima pelaku pencurian buah kelapa sawit di Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, ditangkap polisi. Barang bukti disita sebanyak tiga ton kelapa sawit.

Ketiga pelaku adalah Kuncit (49) warga Karang Sari, Kecamatan Lubai, Muara Enim, Wendri (20) dan Agung Tri Atmojo (41) yang keduanya warga Peninjauan, OKU. Sementara dua pelaku lagi, Jasmani alias Jas dan Novan alias Van, ditetapkan sebagai buronan.

Mereka mencuri kepala sawit milik warga di Afdeling II, Desa Mendala, OKU, Rabu (21/4) pukul 01.00 WIB. Sekitar pukul tujuh pagi, pemilik kebun kaget karena ratusan tandan sawit yang tadinya masih berada di batang dan siap panen sudah hilang. Korban melihat sekeliling kebun terdapat sisa buah sawit berserakan di tanah dan bekas ban mobil.

Meyakini menjadi korban pencurian, dia segera datang ke kantor polisi untuk melapor. Petugas langsung menuju lokasi untuk melakukan olah TKP.

Petugas menemukan jejak mobil yang diduga membawa hasil curian. Penelusuran pun dilakukan.

Benar saja, petugas memergoki para pelaku sedang berusaha mengeluarkan truk yang memuat buah sawit milik korban terperosok di lumpur tak jauh dari TKP. Tiga pelaku diamankan, sementara dua lainnya berhasil kabur.

Kasubag Humas Polres OKU AKP Mardi Nursal mengungkapkan, ketiga tersangka mengakui baru saja memanen buah sawit milik korban secara ilegal dan berhasil mengumpulkan 150 tandan sawit seberat sekitar 3 ton.

"Para tersangka bermaksud ingin mengeluarkan buah sawit itu dari kebun dengan cepat, tapi truk mereka terparter di lumpur. Akhirnya tertangkap," ungkap Mardi, Kamis (22/4).

Para tersangka diduga menjadi komplotan pencurian kelapa sawit di sekitar OKU. Namun, penyidik harus melakukan pendalaman terlebih dahulu untuk menyimpulkan tuduhan itu.

"Para tersangka masih diperiksa, siapa dalang atau otaknya masih didalami," ujarnya.

Atas perbuatannya, ketiga tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman lima tahun penjara. Barang bukti disita satu unit truk nomor polisi BG 8794 KB dan buah sawit hasil curian.

"Penyidik menetapkan dua orang sebagai DPO, mereka lagi diburu," pungkasnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Viral Video Maling Terekam CCTV Bongkar Tas Jemaah saat Sholat di Masjid
Usai Beraksi 150 Kali, Kawanan Pencuri Toko & Rumah Kosong di Tangsel Ditangkap
Minimarket di Tangerang Dibobol Maling, Pelaku Gondol Sabun hingga Uang Rp29 Juta
Bule Prancis Ngamuk Curi Laptop dan Rusak Rumah Pacarnya di Bali
Komplotan Pencuri Spesialis Ganjal Mesin ATM di Bekasi Diciduk
Polres Sumedang Ringkus Pemuda Spesialis Bobol 11 Toko Raup Untung Rp135 Juta

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami