Tugu Adipura di Pekanbaru rusak akibat lempengan dicuri

Tugu Adipura di Pekanbaru rusak akibat lempengan dicuri
Ilustrasi Pencurian. ©2014 Merdeka.com
PERISTIWA | 12 Juli 2016 05:33 Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo

Merdeka.com - Enam lempeng kuningan pada tugu Adipura, Kota Pekanbaru, terletak di seberang kantor wali kota di Jalan Sudirman, hilang. Diduga logam itu dicuri.

"Tadi pagi saya masuk kerja, baru lihat kok tugu ini bentuknya aneh, ada yang kurang. Ternyata lempengan kuningan yang melekat di tiga bagian sisi atas dan bawah hilang," kata Mawardi, salah satu pegawai Pemerintah Kota Pekanbaru, seperti dilansir dari Antara, Senin (11/7).

Mawardi bahkan mengaku mengabadikan kondisi tugu yang kini sudah terlihat bolong. Hal yang sama juga diakui pegawai Pemkot Pekanbaru lainnya, Wit. Ia mengaku mendengar dari rekan sekantornya tugu Adipura hilang.

"Kami tahu dari gosip-gosip saat silahturahmi tadi, kami lewat jalan itu dan melihat ia hilang," kata Wit heran.

Idah (40), warga Pekanbaru lainnya yang sempat melintas di lokasi mengaku heran siapa yang berani mencuri kepingan kuningan berukir relief Adipura.

"Kapan hilangnya ya?" katanya lagi heran.

Pantauan Antara di lapangan, tugu berbentuk bangunan segitiga tersebut kini sudah terlihat bolong.

Enam lempengan kuningan yang menempel pada ketiga sisi masing-masing atas dan bawah diduga dicongkel. Kepingan kuningan itu berbentuk bulan di bagian atas tugu sudah tidak ada. Demikian juga persegi empat di bagian bawahnya.

Bahkan tempat menempel kepingan terlihat jelas seperti bekas congkelan paksa untuk melepas kuningan.

Akibatnya, tugu Adipura itu tinggal kerangka dengan enam lubang menganga tempat melekatnya kuningan berelief Adipura, dan akar kayu sebagai lambang lingkungan hidup.

Tugu didirikan pada masa Wali Kota Herman Abdullah, sebagai pertanda keberhasilan kota tersebut meraih Piala Adipura sejak 2004 sampai 2011.

Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota atau kabupaten di Indonesia dianggap berhasil dalam kebersihan, serta pengelolaan lingkungan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Sepanjang penyelenggaraan Adipura, Kota Pekanbaru telah tujuh kali mendapatkan piala Adipura dalam kategori kota besar.

Hingga berita ini diterbitkan belum ada pernyataan resmi dari Pemko Pekanbaru terkait hilangnya lempengan kuningan tugu Adipura. (mdk/ary)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami