Tunggu Durian Jatuh, Warga Sumsel Malah Lihat Lima Harimau Sumatera Cari Makan

PERISTIWA | 17 Januari 2019 16:41 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Warga Dusun Lubuk Dingin, Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja Timur, Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, digegerkan dengan adanya lima ekor harimau Sumatera yang berkeliaran di kebun durian. Petugas BKSDA setempat memasang kamera trap untuk memastikan laporan tersebut.

Kepala BKSDA Sumsel Genman S Hasibuan mengungkapkan, laporan itu disampaikan warga yang melihat gerombolan harimau Sumatera di hutan Lesung Baru desa setempat, Sabtu (12/1). Harimau-harimau itu keluar masuk perkebunan untuk mencari durian yang jatuh.

"Ada laporan warga yang sedang menunggu durian jatuh melihat lima ekor harimau Sumatera, dua ekor anakan dan tiga indukan. Warga bilang harimau-harimau itu sering makan durian yang jatuh," ungkap Genman, Kamis (17/1).

Untuk memastikan keberadaan raja hutan itu, petugas BKSDA memasang empat unit kamera trap di titik-titik yang menjadi perlintasannya.

"Kami belum yakin bahwa yang disampaikan masyarakat tersebut adalah harimau. Kami masih menunggu kepastian hasil jebak yang dipasang," ujarnya.

Meski belum disimpulkan adanya habibat harimau Sumatera di sana, pihaknya mengimbau masyarakat setempat untuk waspada saat masuk hutan. Masyarakat juga diminta tidak melakukan perburuan atau mencelakai hewan dilindungi itu.

"Petugas sudah turun ke lokasi. Segera melapor ke petugas jika kembali melihatnya, bisa kita tindaklanjuti," tutupnya.

Baca juga:
Ditemukan Ular Piton yang Tubuhnya Dihinggapi 500 Kutu, ini Penampakannya
Laut Membeku, Kawanan Anjing Laut di Kanada Terdampar Hingga ke Jalan Raya
Buaya Sepanjang 2 Meter Muncul di Kali CBL Bekasi, Warga Resah
Begini Ganasnya Anjing Greyhound saat Berburu Kelinci
Macan Lawu Pemangsa Belasan Kambing Dievakuasi ke Kebun Binatang Solo
Macan Gunung Lawu Pemangsa Belasan Kambing Warga Tertangkap

(mdk/noe)