Twitter Tak Efektif Jadi Alat untuk Pengaruhi Masyarakat

Twitter Tak Efektif Jadi Alat untuk Pengaruhi Masyarakat
PERISTIWA | 19 Juni 2020 04:04 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Guru Besar Komunikasi Universitas Airlangga Henri Subiakto mengungkapkan bahwa platform media sosial seperti Twitter tidak dapat digunakan secara efektif sebagai alat untuk mengejar atau menggolkan isu-isu tertentu. Apalagi dengan tujuan untuk mempengaruhi khalayak.

Alasannya, jelas dia, karena karakteristik jagat Twitter yang sangat dinamis. Juga warganet yang main Twitter juga amat sensitif terhadap isu-isu yang muncul.

"Yang namanya sosial media terutama Twitter itu sangat aktif. Masyarakatnya itu sangat aktif dan sensitif. Hampir semua persoalan itu kalau agak kontroversi sedikit, ribut," ungkap dia dalam diskusi Buzzer, Media, dan Kita, Kamis (18/6).

Lalu lintas isu yang cepat berganti tersebut membuat setiap isu yang coba diangkat atau digaungkan lewat Twitter tidak akan bertahan lama. Dengan segera akan ditutup atau digantikan oleh isu yang lain.

"Itu yang menyebabkan agenda media sosial itu tidak bisa lama. Ini sebentar lagi juga muncul lagi hal yang kontroversi dia tertutup oleh yang baru lagi begitu terus," ungkap dia.

"Kalau ada kritikan sesuatu atau keinginan yang ingin memengaruhi sebuah pendapat memengaruhi sebuah kebijakan itu tidak bisa efektif karena terlalu cepat dinamikanya berubah. Karena sensitif masyarakatnya," tandas dia. (mdk/eko)

Baca juga:
Kasus Humor Gus Dur, Mabes Polri Ingatkan Jajarannya Tak Berlebihan Terhadap Candaan
Ketua Umum AMSI Beberkan Daya Rusak Konten Disinformasi
Berkaca dari Kasus Bintang Emon, Medsos Tak Hanya Diisi Residu Pilpres
Mengenal Grup Info Cegatan Jogja, Wadah Berbagi Informasi Terbesar di Yogyakarta
Terhubung Dengan Supremasi Kulit Putih, Facebook Hapus 200 Akun

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami