UI Perguruan Tinggi Ranking Teratas di Indonesia Versi Webometrics 2021

UI Perguruan Tinggi Ranking Teratas di Indonesia Versi Webometrics 2021
Kampus UI Depok. ©Humas UI
PERISTIWA | 24 Februari 2021 18:00 Reporter : Iqbal Fadil

Merdeka.com - Universitas Indonesia (UI) menempati peringkat teratas sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia menurut Webometrics Ranking of World Universities edisi Januari 2021.

"UI dinilai terbaik dalam membuka akses publikasi ilmiahnya sehingga dapat dibaca oleh kalangan akademik di mana pun berada melalui jaringan internet," kata Rektor UI Prof Ari Kuncoro dalam keterangan di Kampus UI Depok, Rabu (24/2) seperti dikutip Antara.

Webometrics juga merilis bahwa UI berada di peringkat ke-9 untuk skala Asia Tenggara dan 657 di dunia. Peringkat UI tersebut lebih baik dari tahun 2020, di mana saat itu UI berada di posisi teratas di Indonesia, di peringkat ke-10 untuk Asia Tenggara, dan ke-766 di dunia.

Rektor mengatakan bahwa pencapaian tersebut diraih berkat keberhasilan UI memenuhi persyaratan penilaian Webometrics berdasarkan tiga indikator, yaitu visibility yakni jumlah eksternal link unik yang terhubung ke domain web perguruan tinggi (inlinks) yang terekam search engine (Google) dengan persentase penilaian 50 persen.

Kedua, transparency/openness merupakan jumlah kutipan dari 210 penulis teratas dengan persentase 10 persen; dan ketiga, excellence or scholar merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah yang terindeks pada jurnal internasional bereputasi tinggi dengan persentase sebesar 40 persen.

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan yang dilakukan berbasis website terhadap perguruan tinggi se-dunia. Webometrics meyakini bahwa kehadiran dan visibilitas web dapat dijadikan indikator kinerja global sebuah universitas.

Indikator ini mempertimbangkan komitmen pengajaran, hasil penelitian, prestise internasional, hingga hubungan dengan masyarakat, termasuk sektor industri dan ekonomi, hingga universitas.

Pemeringkatan Webometrics dilakukan oleh Cybermetric Lab yang merupakan kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol, terhadap lebih dari 31.000 institusi pendidikan tinggi di dunia.

Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah, dan materi akademik lainnya. Pengumuman Webometrics Ranking of World Universities dapat diakses pada laman: www.webometrics.info. (mdk/bal)

Baca juga:
Ketua BEM UI Terpilih akan Tetap Kawal Isu Kebangsaan dan Tolak Intervensi
Sudah 7 Kapolda Metro Berganti, Tabir Kematian Anak UI Akseyna Masih Misteri
Mengenal Corona Go, Game Ciptaan FT UI untuk Bantu Masyarakat Cegah Sebaran Covid-19
Alumni UI Minta Pemerintah Evaluasi Kebijakan Penanganan Covid-19, Ini Alasannya
Heboh Pakta Integritas UI, Mahasiswa Baru Dilarang Terlibat Politik Praktis
UI jadi Perguruan Tinggi Terbaik Versi THE World University Ranking

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami