UMS Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Versi UniRank

UMS Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Versi UniRank
PERISTIWA » MALANG | 5 Juni 2020 00:31 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia tahun 2020 versi lembaga pemeringkatan internasional, UniRank. UniRank adalah lembaga perangkingan perguruan tinggi internasional yang baru-baru ini lewat 4icu.org merilis 'Top Universities in Indonesia 2020 Indonesian University Ranking.'

Sesuai peringkat yang dirilis 4icu.org tersebut, UMS bertengger di urutan 11 terbaik dari 573 perguruan tinggi negeri maupun swasta di tanah air.

Urutan nomor 1 diduduki Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Posisi 2 hingga 10 semuanya dihuni oleh perguruan tinggi negeri. Dari urutan itu, bahkan UMS juga masih berada di atas perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia.

"Ini pencapaian yang baik bagi UMS. UniRank memeringkat 573 perguruan tinggi terbaik di Indonesia, dan UMS masuk 11 besar bersama perguruan tinggi negeri berpengaruh di tanah air. Untuk perguruan tinggi swasta, UMS masih menjadi PTS terbaik di Indonesia," ujar Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si, Kamis (4/6).

Menurut Anif, pada tahun 2019 lalu, dalam versi UniRank, UMS juga menyandang perguruan tinggi swasta terbaik. UniRank juga pernah menobatkan UMS sebagai perguruan tinggi Islam paling populer nomor 5 di dunia.

Menurut dia, kriteria penilaian dari UniRank atau 4icu.org di antaranya, perguruan tinggi yang mendapat lisensi atau akreditasi dari organisasi penilai di negara tersebut. Kedua, perguruan tinggi yang menyediakan program pendidikan dari sarjana, magister hingga doktoral.

"Penilaian lainnya berdasarkan Perguruan Tinggi yang menyediakan pelatihan atau pengajaran yang menggunakan sistem pendidikan tradisional yang melibatkan interaksi langsung atau tatap muka dan tidak dilakukan dari jarak jauh," terangnya.

Sedangkan UniRank/4icu.org sendiri, lanjut Anif, merupakan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi di dunia yang bisa dilihat dari skala global, region, maupun masing-masing negara. Pada prinsipnya 4ICU tidak mendasarkan pada kualitas akademik perguruan tinggi. Tetapi lebih kepada non-akademik.

Melihat perolehan prestasi ini, Sofyan Anif menyebut bahwa prestasi yang diraih UMS selama ini merupakan bukti bahwa perguruan tinggi ini benar-benar dikelola dengan tata kelola yang baik dan profesional serta dengan kesungguhan yang luar biasa.

"Prestasi ini juga sebagai balasan atas kepercayaan masyarakat terhadap UMS. Pencapaian UMS sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia ini merupakan sebuah Kebangsaan," katanya.

Pencapaian tersebut, dikatakannya, akan dijadikan sebagai penyemangat untuk terus menjadikan UMS sebagai perguruan tinggi yang berkualitas, baik dari segi akademik maupun non akademik.

Berikut daftar 50 universitas terbaik di Indonesia :

1. Universitas Gadjah Mada

2. Universitas Indonesia

3. Universitas Pendidikan Indonesia

4. Universitas Diponegoro

5. Universitas Brawijaya

6. Universitas Negeri Yogyakarta

7. Universitas Lampung

8. Universitas Airlangga

9. Institut Pertanian Bogor

10. Universitas Negeri Semarang

11. Universitas Muhammadiyah Surakarta

12. Institut Teknologi Bandung

13. Universitas Negeri Malang

14. Universitas Sumatera Utara

15. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

16. Universitas Bina Nusantara

17. Universitas Telkom

18. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

19. Universitas Jember

20. Universitas Udayana (mdk/lia)

Baca juga:

7 Unsur Kebudayaan Universal dalam Masyarakat, Pahami Penjelasannya

4 Fungsi Nukleus yang Perlu Anda Ketahui, Kenali Bagian-bagiannya

Nilai Riskan Sekolah Saat Pandemi, DPR Minta Pemerintah Bikin Aplikasi Belajar Daring

6 Jenis Media Pembelajaran Beserta Contoh dan Manfaatnya

Wagub DKI Sebut Sekolah di Jakarta Belum akan Dibuka 13 Juli

DPRD DKI Pertanyakan Kepastian Pemerintah Soal Pembukaan Sekolah

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Jatim Bersiap Jalani Kehidupan New Normal - MERDEKA BICARA with Khofifah Indar Parawansa

5